Rabu 05 Oktober 2022, 21:09 WIB

Anies Hibahkan 15 Mobil Damkar Bekas kepada 14 Daerah

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Anies Hibahkan 15 Mobil Damkar Bekas kepada 14 Daerah

Antara/Aditya Pradana Putra.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo meninjau salah satu unit rumah susun asrama polisi.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menghibahkan 15 mobil pemadam kebakaran (damkar) bekas yang masih layak kepada 14 pemerintah kabupaten/kota di Tanah Air. Daerah tersebut mencakup Probolinggo, Banjarmasin, Pariaman, Palopo, Brebes, Bengkulu Tengah, Empat Lawang, Kuningan, Alor, Ogan Komering Ilir, Sigi, Rote Ndao, Lampung Utara, dan Padang Pariaman.

"Kami berharap kerja sama ini memberikan kesejahteraan masyarakat," kata Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Rabu (5/10). Ke-14 daerah itu mendapatkan masing-masing satu mobil damkar, kecuali Kabupaten Kuningan yang mendapatkan dua unit.

Daerah-daerah tersebut mendapatkan hibah setelah mereka mengajukan tertulis kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pengajuan itu kemudian melalui pembahasan Tim Badan Aset DKI Jakarta, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI, serta Biro Kerja Sama Daerah DKI. 

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, menjelaskan mobil pemadam kebakaran yang dihibahkan tersebut rata-rata berusia lebih dari delapan tahun termasuk keluaran 2001-2007. Meski begitu, dia memastikan seluruh armada yang dihibahkan dalam kondisi layak operasi karena dirawat rutin setiap tahun. Mobil pemadam kebakaran yang dihibahkan tersebut memiliki kapasitas tangki bervariasi, mulai 2.500 liter, 4.000 liter, hingga 10 ribu liter.

Selain memberikan hibah mobil damkar, dalam kesempatan itu, Pemprov DKI Jakarta meneken kerja sama dengan 11 pemprov dan pemkab/pemkot di Tanah Air untuk pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik yang berlaku hingga lima tahun. Pemerintah daerah tersebut ialah Sumatra Barat, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Malang, Kota Bengkulu, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Jember, dan Maluku Tengah.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba mengatakan kerja sama tersebut diharapkan mendongkrak pembangunan dan potensi daerah. "Pertumbuhan ekonomi kami termasuk tertinggi di Indonesia tetapi kami menyimpan kemiskinan. Kantor tambang di Maluku Utara ada di Jakarta. Karena itu mohon Pak Gubernur, kami tidak punya damkar, barang kali bisa dibantu kami," katanya. (Ant/OL-14)

Baca Juga

dok.ist

Nelayan Pesisir Ibu Kota Kepincut Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 21:38 WIB
SEDIKITNYA 300 nelayan kecil di pesisir utara Ibu Kota DKI Jakarta melakukan deklarasi 'Ganjar Pranowo Presiden 2024' pada Kamis...
DOK MI.

Ketahuan Curi Handphone, Pelaku Rampas Sepeda Motor untuk Kabur

👤Sumantri 🕔Kamis 08 Desember 2022, 21:07 WIB
Peristiwa itu terjadi di Jalan Modern Golf Raya, Kelurahan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang,...
Antara/Aprillio Akbar.

PAM Jaya Targetkan Layani 2 Juta Pelanggan di 2030

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 08 Desember 2022, 20:59 WIB
PAM Jaya menargetkan bisa mencakup layanan pipa air bersih hingga 100% pada 2030. Ini berarti ada 2.006.167 pelanggan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya