Jumat 02 September 2022, 15:17 WIB

TransJakarta: 2030 Seluruh Armada Gunakan Bus Listrik

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
TransJakarta: 2030 Seluruh Armada Gunakan Bus Listrik

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Bus Listrik Transjakarta melintas di kawasan Bundaran HI

 

PT Transjakarta akan mengubah keseluruhan armada bus bertenaga BBM menjadi listrik pada 2030.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor memperkirakan sebanyak 10 ribu kendaraan besar maupun kecil akan menggunakan listrik.

"Jadi semua dari yang besar sampe yang kecil akan diganti menjadi listrik pada tahun 2030, semua itu diperkirakan 10.000," ujar Anang kepada wartawan di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (2/9).

Ia mengatakan, untuk saat ini armada yang tersedia sebanyak 4.000 unit terdiri dari bus listrik, bus TransJakarta, hingga mikrotrans.

"Kalau sekarang itu 4.000 unit, nah itu semua bahkan sampai ke bus kecil tadi akan menjadi listrik," imbuhnya.

Perlu diketahui, program elektrifikasi bus TransJakarta ini salah satunya untuk mendorong net zero emisi yang dicanangkan Pemerintah. Ia pun memperkirakan akan bisa mengurangi emisi karbon hingga 53%.

"Diperkirakan kita akan bisa mengurangi emisi karbon dari kita sendiri ya bukan secara dari keseluruhan indonesia yaitu kita berkurang 53 persen emisi karbon kita jadi itu sumbangan dari TJ bagi NDC nationally determine contribution kita," ujarnya.

Baca juga:  Komitmen Trans-Jakarta Sediakan Bus Listrik untuk Kurangi Emisi

Dalam pertemuannya dengan Menteri Koordinator Perekonomian, Anang memberikan informasi secara umum mengenai progres PT Transjakarta dalam penyediaan bus transportasi.

"Saat ini tentu untuk mengembangkan hal tersebut (bus) menjadi 10 ribu tentu harus mendapatkan dukungan juga dari Pemerintah pusat," tutur Anang.

"Oleh karena itu tadi kita memberikan laporan secara umum terlebih dahulu detail tentu akan bisa dilakukan dengan berbagai pertemuan lanjutan," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Polda Metro Gelar Operasi Zebra Jaya 3-16 Oktober

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:08 WIB
POLDA Metro Jaya akan menggelar Operasi Zebra Jaya guna peningkatan ketertiban lalu lintas . Operasi Zebra Jaya ini akan berlangsung 14...
DOK MI.

Polres Jakarta Selatan Amankan 11 Remaja Diduga Mau Tawuran

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:07 WIB
Polres Metro Jakarta Selatan mengamankan belasan remaja di kawasan Jalan Margasatwa, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta...
Dok.MI

KPI: Langkah Lesti Kejora Laporkan KDRT jadi Edukasi bagi Masyarakat

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:38 WIB
Keputusan Lesti untuk melaporkan suaminya Rizky Billar atas dugaan KDRT, akan membuka pandangan masyarakat bahwa tindak kejahatan KDRT...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya