Minggu 21 Agustus 2022, 21:40 WIB

Polisi Masih Selidiki Kebakaran di Simprug Tewaskan Seorang Warga

Khoerun Nadif Rahmat | Megapolitan
Polisi Masih Selidiki Kebakaran di Simprug Tewaskan Seorang Warga

ANTARA/Muhammad Adimaja
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar rumah penduduk di kawasan Jalan Simprug Golf Dua, Jakarta, Minggu (21/8).

 

PELAKSANA tugas (Plt) Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar Yandri Irsan, mengatakan pihaknya telah menerjunkan anggota guna pengamanan di lokasi kejadian kebakaran di Jalan Simprug Golf 2, RT 04 RW 08, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Kita sudah turun ke lapangan. Melaksanakan pengamanan sekitar TKP (tempat kejadian perkara) dan membantu proses evakuasi warga terdampak," papar Yandri pada Minggu (21/8).

Tidak hanya itu, aparat juga melakukan pemasangan garis polisi pada salah satu rumah yang diduga menjadi sumber kejadian.

"Kegiatan selanjutnya juga melaksanakan police line pada salah satu rumah yang diduga sumber api untuk dilakukan olah TKP," imbuhnya.

Yandri mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan maupun kelurahan guna melalukan pendataan terhadap warga terdampak.

Sampai saat ini, Polres Jaksel masih terus menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran. "Masih lidik. Tim identifikasi Polres sedang olah TKP dan forensik Polri," paparnya.

"Sebanyak 50 personel Polres dan dibantu dari Lantas Polda," tambah Yandri.

Staf Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Ruwanto, mengatakan kebakaran yang terjadi di Jalan Simprug Golf 2, RT 04 RW 08, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, pada pukul 10.48 WIB berdampak pada 100 rumah tinggal dan warga yang terdampak sebanyak 555 jiwa.


Baca juga: Kebakaran Landa Putri Duyung Cottage Ancol, 3 Unit Hangus


"Rumah tinggal 100 rumah, luas area yang terbakar kurang lebih dua hektare, kerugian Rp5 miliar, terdapat 200 KK dan 555 jiwa," ungkap Ruwanto pada Minggu (21/8).

Pihaknya sampai saat ini total telah menerjunkan sebanyak 28 mobil damkar dikerahkan untuk melakukan pendinginan di lokasi kebakaran.

"(Saat ini) pengerahan unit (sebanyak) 25 unit (mobil damkar). (Perbantuan mobil damkar) dari wilayah pusat (ada) 3 unit," paparnya.

"Pengerahan personel (sebanyak) 110 orang," sambungnya.

Sejauh ini, terdapat satu korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. "Pak Nanang (warga), 48, meninggal karena syok dan (timelelahan," imbuh Ruwanto.

Menurut keterangan salah seorang warga terdampak kebakaran, Sukarsih, 55, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Saat kejadian, ia baru saja selesai berjualan dan hendak pulang ke rumah. Akan tetapi, belum sampai ke rumah api sudah terlihat membubung tinggi.

"Habis Mas semuanya. Enggak tau mau gimana lagi ini," kata Sukarsih dengan nada lirih.

"Alhamdulillah gerobak dagangan saya selamat. Saya juga berhasil menyelamatkan surat-surat berharga. Tapi baju semuanya habis," sambungnya.

Penjual bubur ayam ini mengaku sudah menempati rumahnya sekitar 30 tahun ini berharap, adanya bantuan dari pihak-pihak terkait untuk membangun ulang rumahnya.

"Saya itu ngontrak tanah, tapi rumahnya membangun sendiri," ucapnya. "Mudahan-mudahan nanti waktu membangun rumah ada bantuan," pungkasnya. (OL-16)

Baca Juga

Mi/Kisar Rakagukguk

Kajati Jabar Resmikan Galeri Mobil dan Motor Hasil Kejahatan di Depok

👤Kisar Rajagukguk 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:45 WIB
KEPALA Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Asep Nanang Mulyana meresmikan galeri untuk memamerkan mobil maupun motor rampasan di Kota Depok untuk...
DOK MI

Aksi Heroik Pegawai Minimarket Di Tangsel Gagalkan Perampokan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:40 WIB
UPAYA perampokan terjadi di sebuah minimarket di Jalan Raya Puspitek, RT 15 RW04, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin...
MI/Syarief Oebaidillah

Musholla di Pamulang Ini Komitmen Lanjutkan Tradisi Berbagai Bersama Penyandang Disabilitas dan Yatim

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:38 WIB
Belum lama ini sekitar 55 penyandang disabilitas tunanetra dan 25 yatim piatu mendapat santunan 80 paket sembako dan uang tunai dari tokoh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya