Kamis 18 Agustus 2022, 08:05 WIB

Ambil Momentum HUT ke-77 RI, Sinergi Merah Putih Siap Sosialisasikan Pancasila

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Ambil Momentum HUT ke-77 RI, Sinergi Merah Putih Siap Sosialisasikan Pancasila

Dok.Sinergi Merah Putih
Sejumlah Panitia Parade Rakyat Merah Putih yang akan dilaksanakan pada 21 Agustus nanti.

 

DALAM rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, sekitar 10.000 orang akan menggelar Parade Rakyat Merah Putih yang akan dilaksanakan pada 21 Agustus nanti. Para peserta parade itu berasal dari masyarakat yang ikut mendaftar dan didukung oleh ratusan organisasi relawan yang tergabung dalam Sinergi Merah Putih.

Selain itu, kegiatan yang membawakan tema 'Menggelorakan Cinta Bangsa dan Negara melalui perayaan HUT Kemerdekaan RI tersebut menghadirkan para artis Tanah Air, seperti Addie MS, Yossy Project Pop, Ronny Waluya, Dian Piessha, Kristina, Lita Zen, Ronnie Sianturi, Stanley Sagala, Harsya Rieuwpassa, Kadri M,  dan Jelly Tobing.

"Yang akan hadir diperkiraan 10.000 orang dengan rincian 500 parade sepeda, 5.000 motor, dan 200 mobil. Selain itu akan menampilkan parade baju daerah, parade berkebaya, parade penari Nusantara, dan marching band," ujar Ketua Panitia, Soelianto Rusli dalam keterangannya, Kamis (18/8).

Ahie mengatakan bahwa parade sepeda, motor, dan mobil akan start pukul 11.00 WIB dari patung kuda dan finish di Gelora Bung Karno (GBK). Sementara parade busana daerah, parade kebaya dan marching band akan dimulai pukul 13.00 WIB di sekitar FX Mall sampai dengan parkir selatan Senayan.

Menurutnya, platform festival kebangsaan tersebut merupakan sebuah ekspresi  nyata untuk menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada setiap anak bangsa. Apalagi penyebaran paham dan ideologi radikal saat ini masih menjadi ancaman yang serius bagi bangsa Indonesia.

"Harapan kami adalah semoga dengan adanya kegiatan ini juga bisa menumbuhkan semangat kebangsaan berdasarkan Pancasila serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam menghadapi penyebaran paham khilafah serta paham lainnya yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945",ungkap Ahie.

"Dasar pelaksanaan kegiatan ini terwujud dari semangat besar dari seluruh lapisan anak bangsa yang peduli atas pentingnya persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan berdasarkan Pancasila", lanjutnya.

Terkait dana acara, Ahie menyebutkan bahwa anggaran penyelenggaraan Parade Rakyat Merah Putih berasal dari urunan para komunitas yang memiliki kesadaran dan kepedulian tinggi terhadap ideologi Pancasila sebagai dasar negara.

"Dana secara gotong royong dari komunitas-komunitas yang cinta Merah Putih, Pancasila dan NKRI," ujarnya. (RO/A-1)

Baca Juga

dok.ist

Gerindra: Pj Heru Tidak Ada Etika Soal Pergantian Sekda DKI, Ini Alasannya

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 05 Desember 2022, 10:40 WIB
PENJABAT (Pj) Gubernur DKI, Heru Budi Hartono dinilai tidak menghargai putra betawi.  Heru hanya penjabat yang tidak dipilih secara...
ANTARA

Jakarta Alami Cuaca Ekstrim, Pj Gubernur Imbau Warga Waspadai Pergerakan Tanah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 04 Desember 2022, 20:01 WIB
Heru mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi potensi tanah longsor tersebut dengan mengerahkan aparat lurah dan...
Dok. Katadata

Pengembangan Berbasis TOD Membuat Jakarta akan Terus Berkembang

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 19:44 WIB
Tedi mejelaskan, BUMN juga meningkatkan TOD sebagai sebuah konsep baru untuk kota berkembang, yang terus dilakukan bersama dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya