Rabu 10 Agustus 2022, 12:50 WIB

Kembangkan Karakter Anggota, Korlantas Polri Gandeng ESQ

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Kembangkan Karakter Anggota, Korlantas Polri Gandeng ESQ

Dok.esq
Acara training ESQ dengan tema 'Pengembangan Karakter Diri Korlantas Polri',

 

SEBANYAK 50 anggota Korlantas Polri dengan level Bripda yang baru lulus pendidikan mengikuti training ESQ dengan tema 'Pengembangan Karakter Diri Korlantas Polri', di Ruang Cordoba Menara 165, pada  9-11 Agustus.

Tujuan acara itu yakni untuk menemukan makna dalam bekerja dan peningkatan kemampuan internet serta sosial media menuju Sumber Daya Manusia (SDM) Korlantas Polri yang unggul di era Police 4.0.

Kabagrenmin Korlantas Polri, Kombes Pol Singgamata dalam sambutannya berharap agar peserta pelatihan senantiasa dapat meningkatkan kualitas dan pelayanan bagi masyarakat.

"Dengan acara yang digelar selama 3 hari ini, saya berharap Anda semuanya bisa menjadi polisi yang selalu menolong sesama terutama masyarakat. Memberikan pelayanan terbaik, berkontribusi untuk negeri dan lainnya," kata Singgamata.

Menanggapi hal itu, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi serta mengungkapkan perasaan bahagianya karena para Bripda mengikuti pelatihan ini.

"Seharusnya hari ini saya ada acara lain di luar. Namun Anda lebih penting, jadi saya hadir di sini. Mengapa? Karena kurang lebih dari 500 ribu polisi, 90 persennya adalah bintara, yaitu kalian. Kalian juga yang tampil langsung kepada masyarakat," katanya.

"Saya sangat senang karena Anda semua mengikuti pendidikan tambahan. Di sini juga kalian akan dilatih mengembangkan karakter diri untuk siap jadi pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Saya juga senang karena diundang langsung oleh Pak Ary untuk menghadiri pelatihan ini," lanjut Nanan.
yang juga merupakan  Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni ESQ itu.

"Selain transformasi Polri, ada yang namanya tampilan kepemimpinan polri yakni memimpin dengan keteladanan, mempimpin dengan melayani, menjadi konsultan yang solutif, menjamin kinerja dan anti KKN. Itu kode etiknya. Tanamkan juga kalimat 'saya pelayan, masyarakat pelanggan'," ucap Nanan.

Mereka juga bersama sama mengucapkan 7 Budi Utama yang telah dicanangkan oleh ESQ kemudian disebarluaskan di lingkup Kepolisian, yang sudah tercantum dalam Pasal 11 huruf B PERKAP no. 14/2011 tentang kode etik polri (etika pengabdian) serta pasal B PERKAP no. 20/2011 tentang sumpah atau janji pejabat di lingkungan Polri.

7 Budi Utama terdiri dari Jujur dan Terpercaya, Tanggungjawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil dan Peduli, yang ditetapkan sebagai nilai nilai moral kehidupan berbangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam kesempatan itu, Pendiri Menara 165 Ary Ginanjar juga ikut menyapa muda mudi dari Korlantas Polri. Ary berujar bahwa pelatihan ini diharapkan bisa menjadi bekal ilmu untuk insan Polri selama 30 tahun ke depan bahkan lebih.

"Untuk itu, kalian yang mewakili 500 ribu polisi mari bersama sama siapkan dari sekarang polisi emas menuju Indonesia Emas 2045 yang mampu bertahan di segala era termasuk era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity)," lanjutnya.

Ada 3 komitmen apabila ingin menjadi polisi sejati, menurut Ary Ginanjar, yakni komitmen intelektual, komitmen emosional, dan komitmen spiritual.

"Tidak cukup hanya komitmen intelektual saja, harus diimbangi dengan komitmen emosional dan spiritual. Agar Anda menjadi orang yang bisa mengayomi, melayani, melindungi masyarakat. Dan Anda itu wakilnya Tuhan, mengabdi kepada-Nya," ucapnya.

"Hal ini juga yang diterapkan oleh Kang Nanan, Irjen Pol Firman (Kepala Korlantas Polri), bahkan Alm. Brigjen Kunarto yang terus support ESQ dan menerapkan ilmunya dalam keseharian beliau. Hingga akhirnya kuburan almarhum ditempatkan tepat di sebelah almarhum bapak saya," ujar Ary. (RO/A-1)

Baca Juga

Ist

Sambut Liburan Akhir Tahun, Cafe Le Bay Hadir di Batavia PIK

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 09:35 WIB
Le Bay merupakan sebuah kafe modern 4 lantai dengan konsep kreatif yang kuat bernuansa tepi pantai, sehingga menyatu dengan suasana...
dok.ist

Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang Gelar Pasar Murah untuk Nelayan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:52 WIB
RATUSAN voucher paket sembako murah digelontorkan kepada nelayan dan masyarakat sekitar oleh Sahabat Sandi Kabupaten Tangerang di Desa...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Tiang Pantograf Roboh Timpa KRL hingga Anjlok di Kampung Bandan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 26 November 2022, 20:10 WIB
Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya Sabtu (26/11) siang hingga sore ini membuat sebuah tiang pantograf roboh menimpa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya