Jumat 01 Juli 2022, 12:03 WIB

Skema Pembiayaan Pembangunan MRT Fase 3 dan 4 Libatkan Swasta

Hilda Julaika | Megapolitan
Skema Pembiayaan Pembangunan MRT Fase 3 dan 4 Libatkan Swasta

MI/Susanto
MRT Jakarta

 

PT MRT Jakarta (Perseroda) merancang pembiayaan pembangunan fase 3 (East-West Line) dan fase 4 dengan melibatkan sektor swasta. Dari nilai keseluruhan, ditargetkan sektor swasta bisa mengambil peran hingga 40 persen dari total pembiayaan.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Wiliam Sabandar mengatakan, pada fase awal yakni fase 1 dan 2 keseluruhan pembangunan mengandalkan dukungan pembiayaan dari pemerintah. Selama ini, pihak JICA sebagai mitra pemerintah yang telah dan komitmen menyelesaikan pembiayaan fase 1 dan fase 2. "Kita punya pembelajaran case dari Elizabeth Line Inggris, ada keterlibatan sektor swasta. Karena itu East-West line dan fase 4 diusahakan dari pendanaan swasta 40 persen," ujarnya dalam keterangannya, Jumat (1/7).

Dijelaskan William, saat kunjungan ke Inggris beberapa waktu lalu, pihaknya juga melakukan kunjungan ke Crossrail International pengelola Elizabeth Line di Inggris. Elizabeth Line merupakan jalur komuter yang menghubungkan bagian timur dan barat kota London.

Pembangunan jalur tersebut dikatakan William tidak semua dibiayai oleh negara. Seperti pembangunan sejumlah stasiun dan depo di Elizabet Line melibatkan swasta dengan potensi keuntungan yang ditawarkan.

Secara keseluruhan pembangunan jalur Fase 3 (East-West Line) memiliki panjang sekitar 87 kilometer mulai dari Balaraja hingga Cikarang. Diperkirakan, anggaran pembangunan mencapai Rp 160 triliun.

Sedangkan pembangunan jalur Fase 4 Fatmawati - TMII memiliki panjang sekitar 12 kilometer. Diperkirakan, pembangunan membutuhkan anggaran antara Rp 22-30 triliun.

"Selain ke Inggris, kita juga sudah melakukan kunjungan ke Perancis, Luxemburg dan Korea Selatan di luar Jepang. Responsnya sangat baik," tandasnya. (OL-12)

Baca Juga

DOK.MI

Pria tanpa Identitas Tewas Tertabrak Kereta Api di Jaktim

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:00 WIB
Korban sudah diteriaki oleh warga untuk tidak melintas karena ada kereta lewat. Namun, teriakan warga itu tidak didengar oleh...
ANTARA

Monas Tutup Guna Persiapan HUT ke-77 RI

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:40 WIB
Penutupan ini dilakukan guna sterilisasi dalam mempersiapkan acara Kirab Bendera yang diakan oleh Istana...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pengungkapan Kasus Brigadir J Bukti Kapolri Bekerja Objektif

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:22 WIB
Polri harus mengusut tuntas kasus pembunuhan yang telah menjerat mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka. Setelah itu Polri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya