Kamis 30 Juni 2022, 16:58 WIB

Balance Bike Tangsel Berharap Perhatian Pemerintah

Syarief Oebaidillah | Megapolitan
Balance Bike Tangsel Berharap Perhatian Pemerintah

Dok. Balance Bike Tangsel
Anggota komunitas Balance Bike Tangsel.

 

BALANCE Bike Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan komunitas sepeda roda dua tanpa pedal. Komunitas ini mencakup wilayah Tangsel hingga Kota Tangerang.

Saat ini, anggota Balance Bike Tangsel mencapai 300 orang dengan rentang usia 18 bulan hingga 6 tahun. Ketua Balance Bike Tangsel Imbar Larasati mengutarakan Balance Bike telah lama menjadi media belajar bersepeda bagi anak usia dini di negara-negara Eropa, Amerika, Jepang, Inggris, Korea, dan negara maju lain. 

Banyak sebutan untuk sepeda roda dua tanpa pedal, seperti balance bike, training bike, run bike, baby bike, trainer wheels, push bike. Balance Bike memiliki berbagal ukuran. Yang terkecil dapat dikendarai sejak anak berusia 18 bulan.

Melalui wawancara khusus daring dengan Media Indonesia, Rabu (29/6), Imbar Larasati megutarakan visi Balance Bike Tangsel yaitu meningkatkan kualitas hidup anak Indonesia melalui wadah bagi segenap masyarakat yang mendukung dan mempromosikan balance bike. Misinya mewadahi para pecinta dan pelaku olahraga balance bike guna mewujudkan cita-cita impian mereka tersebut dan memberikan fasilitas bagi para anggota yang bertujuan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sesuai dengan kemampuan yang dimiliki serta memberikan salah satu pilihan kegiatan yang positif untuk generasi muda dan anak bangsa.

Lebih lanjut ia menjelaskan Balance Bike Tangsel ialah komunitas nirlaba yang berbasis edukasi, mengenalkan balance bike yang diharapkan dapat menjalin komunikasi, serta mendapatkan informasi dalam hal pengembangan bakat, keterampilan penggemar, dan pengguna sepeda Balance Bike di seluruh Indonesia. Balance Bike Tangsel selalu rutin menggelar acara lomba balap tahunan.  

Balance Bike Tangsel menggelar Balance Bike Competition 2022 di Pluit Village pada Minggu (26/6) yang diikuti antusias puluhan peserta. Lomba ini memberikan suasana berbeda mengingat situasi masih di tengah pandemi dengan menerapkan prokes. "Alhamdulillah seluruh anak-anak usia dini melalui event ini dapat menyalurkan energi selama masa pandemi sehingga Balance Bike Fun Race dapat mengobati rasa rindu anak-anak kita," ungkap Imbar.

Baca juga: Tebet Eco Park Segera Dibuka, Wagub: Tidak Ada Lagi Parkir Liar

Lebih lanjut, Imbar Larasati yang mengaku berprofesi ibu rumah tangga mengutarakan sejak berdiri pada 2018 komunitas yang dipimpinnya berkembang pesat dan maju. Pihaknya mendapat sambutan antusias para orangtua dan anak anak di Tangsel dan Tangerang Kota dengan menggelar latihan rutin serta mengikuti event nasional dan internasional seperti di Malaysia dan Jepang.

Untuk itu, ia berharap ada perhatian dan pengakuan pihak pemerintah daerah dan pusat karena ia menilai cukup komunitas itu memenuhi persyaratan. "Jadi pihak KONI daerah atau KONI pusat atau Bapak Presiden semoga memberi perhatian dan pengakuan pada komunitas kami ini," harap Imbar. Komunitas Balance Bike terus tumbuh di 20 kota dan kabupaten di Tanah Air. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Anies Baswedan Tetapkan Tarif Integrasi Transportasi Rp10 Ribu

👤Irfan Julyusman 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:31 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menetapkan tarif integrasi transportasi Transjakarta, MRT, dan LRT dengan nominal maksimal...
ANTARA/Fikri Yusuf

Polisi Sebut Tanaman Koka di Kebun Raya Bogor sudah Mati

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:43 WIB
Tanaman koka dipakai untuk penelitian sejak 1978 di Balai Penelitian Rempah dan Obat (Balitro) Lembang, Jawa...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Tarif Integrasi Berlaku di 28 Koridor Bus Transjakarta

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 19:53 WIB
DKI Jakarta sudah resmi menerapkan tarif integrasi antar moda maksimal Rp10.000. Tarif tersebut berlaku di 28 koridor dan halte...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya