Minggu 22 Mei 2022, 14:10 WIB

Jalin Silaturahmi dan Keakraban, Komunitas BPRC Gelar Halalbihalal 

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Jalin Silaturahmi dan Keakraban, Komunitas BPRC Gelar Halalbihalal 

DOK Pribadi.
Acara halalbihalal BPRC.

 

MENGUNJUNGI anggota keluarga dan sanak saudara merupakan salah satu cara untuk menciptakan kerukunan dan keharmonisan. Selain itu silaturahmi menjadi amalan yang memiliki nilai pahala besar. Tak hanya menjadi makhluk yang mulia, keutamaan silaturahmi memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. 

Mereka yang senantiasa menjaga tali silaturahmi, Allah akan meluaskan rezeki dan memperpanjang umur. Ini seperti tercantum pada hadis berikut, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, sambunglah tali silaturahmi." (HR Bukhari-Muslim). 

Dengan begitu, menjaga dan memperkuat silaturahmi sangat penting dilakukan bagi setiap muslim. Terkait hal itu, pada 1977 atau sekitar 45 tahun lalu, remaja di kompleks BNI dan PLN Pesing, Daan Mogot, Jakarta Barat, mendirikan komunitas BNI PLN Remaja Club atau BPRC. Para pendiri saat itu mengarahkan kegiatan remaja di usia SMP dan SMA dari kebut-kebutan dengan sepeda motor di jalan raya menuju aktivitas positif seperti lomba vocal group, pengajian, pramuka, dan drum band. 

Seiring perjalanan waktu, satu demi satu keluarga keluar dari kompleks karena orangtua pensiun dan alasan lain. Kompleks BNI pun sekarang kosong dan tidak terawat lagi sampai saat ini. Selain itu, jalan berlubang dan dipenuhi ilalang. Bangunan pun satu per satu roboh. 

Namun tidak demikian halnya dengan persaudaraan dan silaturahmi yang terjalin sejak 2010, saat orang mulai menggunakan BBM (Blackberry Message) group. Melalu inisiatif, Rudi yang akrab disapa Abel mulai mengumpulkan anggota BPRC yang tercerai berai satu per satu dan mulai mengadakan silaturahmi pertama di satu restoran Jepang di Bank Bali Tower (sekarang Gedung Bank Permata) pada 2009. 

Beberapa mantan ketua BPRC yang saat itu sudah menjadi Kepala Cabang BNI di beberapa daerah berupaya hadir untuk silaturahmi pertama, walaupun yang hadir saat itu masih sedikit. Secara bertahap anggota BPRC terus bertambah dan hampir setiap tahun mengadakan acara silaturahmi seperti berbuka puasa bersama dan halalbihalal, biasanya di dua tempat yang menjadi langganan tetap karena suasana yang nyaman dan menu makanannya. 

Berikutnya, akibat dua tahun pandemi, kegiatan silaturahmi terpaksa ditiadakan demi alasan kesehatan. Namun seiring dengan membaiknya situasi, di minggu terakhir Ramadan 1433 H/2022 berlangsung acara buka puasa bersama sekaligus merayakan ulang tahun salah satu mantan ketua BPRC yang baru purnatugas sebagai Kepala Cabang BNI, Ardhi Sasono. 

Pada Sabtu (21/5), BPRC menggelar halalbihalal kembali di restoran Abu Nawas Matraman, Jakarta, untuk makan siang dengan menu ala Timur Tengah. Di luar dugaan, silaturahmi kali ini menjadi yang terbanyak pesertanya yaitu lebih dari 60 orang. Bahkan beberapa mantan ketua BPRC pun hadir, seperti Odenk Warisman dan Ardhy Sasono. 

Kali ini acara agak unik karena diadakan sesi foto per usia, seperti 60 tahunan, 50 tahunan, dan 40 tahunan. Banyak di antara mereka perlu melakukan perkenalan ulang karena 40 tahun tidak pernah bertemu. "Jangan salah grup ya," pesan Frida, salah satu panitia acara. Suaedy Taten yang mengatur pengambilan foto juga sibuk mengatur peserta yang lebih memilih berfoto dengan grup masing-masing. 

Bagi Akbar, penyelenggara acara mengaku bersyukur kali ini semua yang hadir dapat menikmati suasana kebersamaan. "Silaturahmi tidak bisa dipaksakan dengan apapun, kecuali Allah yang menggerakkan hati mereka untuk hadir, karena untuk sampai ke tempat acara ini pun perlu perjuangan," ungkap Akbar yang alumnus FISIP UI dan kini mengelola restoran Misticanza di Jakarta. Uut, yang pernah menjadi juara umum di SMA 82 di kompleks BDN, menutup acara silaturahmi dengan doa. (RO/OL-14)

Baca Juga

Dok. Jawara Ssandi Uno

Gelar Pelatihan Dimsum di Bekasi, Pelaku UMKM Dan Emak-emak Harapkan Sandiaga Presiden 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:05 WIB
Ketua Jawara Sandi Uno, Aini Kartaatmadja mengatakan, Sandiaga sosok yang tepat dalam memberikan solusi kebangkitan ekonomi kepada...
Ilustrasi

Pencuri Bobol Rumah Kosong di Jakbar Siang Hari, Korban Rugi Rp400 Juta

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:30 WIB
Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo mengatakan kejadian berawal saat korban bernama Desi bersama suami dan anaknya pergi...
MI/Selamat Saragih

HIPMI BPC Kepulauan Seribu, Semangat Kewirausahaan Untuk Menggali Potensi Baru

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:22 WIB
KETUA Umum BPD HIPMI DKI Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sona Maesana melantik pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya