Kamis 12 Mei 2022, 22:44 WIB

Polri Siap Amankan Demo May Day Esok

Siti Yona Hukmana | Megapolitan
Polri Siap Amankan Demo May Day Esok

Antara
Ilustrasi

 

MASSA buruh akan menggelar aksi May Day pada 12 dan 14 Mei 2022. Polri siap mengamankan dan mengawal aksi demonstrasi May Day atau Hari Buruh Tahun 2022 tersebut.

"Terkait informasi tersebut sekali lagi kewajiban kita untuk melakukan pengawalan dan pengamanan, baik itu tanggal 12 maupun tanggal 14 nanti," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (12/5)

Ramadhan mengatakan sebelumnya polisi terlebih dahulu menerima surat pemberitahuan atas aksi tersebut. Baru setelah itu polisi mengerahkan pasukan untuk mengawal aksi tersebut.

Dia menyebut Polri memiliki kewajiban mengawal dan menjaga aksi demonstrasi yang dilakukan masyarakat. Unjuk rasa dijamin Undang-Undang (UU) Dasar 1945 dan amanat UU Nomor 9 Tahun 98 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

“Tentu komitmen Polri selalu menghargai hak-hak demokrasi. Siapapun yang melakukan kegiatan unjuk rasa kita akan melakukan pengawalan dan pengamanan," ungkap jenderal bintang satu itu.

Sejumlah massa buruh melakukan aksi demontrasi di sejumlah lokasi Kawasan Jakarta pada 12 dan 14 Mei 2022 dalam memperingati May Day atau Hari Buruh Tahun 2022. Aksi itu pun telah digelar di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Kamis siang, 12 Mei 2022.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal sebelumnya mengatakan sebanyak 100 ribu buruh akan menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran di DPR RI, Jakarta, pada Sabtu, 14 Mei 2022. Selain Partai Buruh, aksi tersebut juga akan diikuti oleh empat konfederasi serikat buruh.

Keempatnya yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI). Nantinya, aksi tersebut juga akan diikuti sekitar 50-60 federasi serikat pekerja tingkat nasional.

Setelah menggelar aksi di gedung parlemen, para peserta aksi nantinya akan bergeser ke Jakarta International Stadium (JIS). Para buruh akan menggelar May Day Celebration di stadion sepak bola tersebut. (OL-8)

Baca Juga

DOK/KEDUBES UNI EROPA

Uni Eropa Promosikan Kuliner Khasnya di Indonesia

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:10 WIB
Program promosi ini merupakan hasil kolaborasi dengan salah satu unit bisnis HERO Group, Hero Supermarket di...
DOK Sinar Mas Land.

YMSML Salurkan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada Beranda Yatim dan Dhuafa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:42 WIB
Para anak yatim dan kaum dhuafa di Beranda Yatim dan Dhuafa Indonesia Timur akan terbantu dengan kehadiran wakaf...
MI/andri Widiyanto

Ada Pelonggaran Protokol Kesehatan, Penumpang TransJakarta Tetap Wajib Bermasker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:47 WIB
TransJakarta beroperasi dengan kapasitas normal dengan penerapan prokes sesuai aturan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya