Rabu 13 April 2022, 19:44 WIB

Atasi Banjir Rawalumbu, Pemkot Bekasi Bangun Polder Air

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Atasi Banjir Rawalumbu, Pemkot Bekasi Bangun Polder Air

MI/Galih Pradipta.
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bekasi bekerjasama dengan Blu Plaza akan membangun polder air di atas lahan milik Pemkot Bekasi seluas 4.500 meter persegi persis di belakang Blu Pazza Jalan Chairil Anwar, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur. 

Tujuan proyek polder air itu untuk mengatasi permasalahan banjir yang sering terjadi di saluran air Kali Rawalumbu dan sekitarnya.

Baca juga: Meski Pengaspalan Sirkuit Selesai, Interpelasi Formula E Tetap Berlanjut 

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan perlunya sinergisitas terkait pemanfaatan lahan kosong milik Pemkot Bekasi. Karena itu, pihaknya bersama Blu Plaza berupaya membangun polder air dengan tujuan dapat mengatasi permasalahan banjir yang ada di saluran air kali rawalumbu dan sekitarnya.

"Dibutuhkan sinergisitas antara pihak Blu Plaza dengan Pemerintah Kota Bekasi. Oleh karenanya dibutuhkan kerjasama antara pihak Blu Plaza dan Pemkot Bekasi dalam manfaatkan tanah pemerintah kota untuk membangun folder air. Dengan harapan dapat membantu meminimalisir banjir yang kerap terjadi di wilayah rawalumbu dan sekitarnya," jelas Tri, Rabu (13/4).

Tri mengungkapkan, dengan dibangunnya polder air dapat meminimalisir banjir yang kerap terjadi di daerah Rawalumbu dan sekitarnya. Selain itu, Pemkot Bekasi juga akan membangun sumur resapan pada beberapa titik yang sering terjadi genangan banjir di Kota Bekasi.

Sejauh ini, Tri mengaku telah meninjau langsung titik-titik perbatasan yang hendak dijadikan folder air. Peninjauan dilakukan bersama Dinas BMSDA dan pihak Blu Plaza yang membuat patok perbatasan folder air.

"Luas polder air tersebut rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 4.500 m² dengan kedalaman folder sekitar 7 meter," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

Ist/Ilustrasi

Pembantu Gagalkan Aksi Pencurian dengan Modus Antar Paket

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 16:22 WIB
Pelaku pencurian datang berpura-pura sebagai kurir untuk mengantarkan paket milik majikan Siti bernama...
MI/Duta

Polisi Dalami Laporan Persatuan Dukun Terhadap Pesulap Merah

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 15:32 WIB
"Ini berdasarkan laporan mereka ya bahwa dalam postingan terlapor disebut dukun-dukun tukang tipu. Dasar itu mereka membuat laporan...
MI/HO

Warga Depok Senam Bersama dan Dukung Ganjar

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 14:49 WIB
Salah satu kelompok masyarakat yang menyatakan deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo adalah Komunitas Tari Tradisional di Taman Pemuda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya