Selasa 08 Maret 2022, 14:24 WIB

Tes Covid Tak Lagi Jadi Syarat Perjalanan, Wagub DKI: Kita Menuju Endemi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Tes Covid Tak Lagi Jadi Syarat Perjalanan, Wagub DKI: Kita Menuju Endemi

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ilustrasi

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghormati kebijakan pemerintah pusat yang menghapus tes covid-19 dari syarat perjalanan luar kota menggunakan pesawat hingga kereta api.

Menurut dia, dengan keputusan tersebut, pemerintah pusat sedang mempersiapkan Indonesia untuk menyambut status endemi sebagai penurunan dari status pandemi.

"Itu kebijakan pempus, kami akan taat untuk mengikuti kebijakan pusat. Kita ini sedang akan memasuki masa endemi," kata Riza di Balai Kota, Selasa (8/3).

Indonesia memang bisa menurunkan statusnya ke endemi dengan catatan penurunan kasus dan vaksinasi covid-19 sudah berjalan baik.

Riza pun mencontohkan, negara-negara lain sudah memberlakukan kebijakan serupa lebih dulu. Contohnya Arab Saudi yang sudah tak mewajibkan calon jemaah umroh dan haji untuk tes covid-19. Beberapa negara Eropa bahkan tidak lagi mewajibkan masyarakat menggunakan masker di luar ruangan meskipun penularan covid-19 masih terjadi dalam jumlah kecil.

"Beberapa minggu ini kebijakan di negara lain sudah keluar, bahkan di arab Saudi tidak ada karantina dan antigen, bisa ibadah. Umrah bisa syaratnya cuma satu apa itu pakai masker dan vaksin," ujarnya. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA

Bongkar Judi Online, Polisi Tangkap 8 Tersangka

👤Mediaindonesia 🕔Senin 15 Agustus 2022, 19:49 WIB
Saat penangkapan, polisi menyita sejumlah barang bukti. Antara lain 29 handphone, 29 CPU, tiga router, empat dus berisi Sim Card, satu...
Antara/Irwansyah

125 Ribu Benih Ikan Disebar untuk Ketahanan Pangan Kota Bekasi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:09 WIB
Guna mendukung program ketahanan pangan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyebar sebanyak 125 ribu benih ikan yaitu 100 ribu benih ikan...
Antara

Ibu Kota Negara Pindah, APBD DKI akan Berkurang

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 15 Agustus 2022, 17:14 WIB
Pascapemindahan Ibu Kota Negara, APBD DKI Jakarta akan berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Pada 2022, APBD DKI ditetapkan sebesar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya