Selasa 01 Maret 2022, 20:58 WIB

KAT Dorong Buah Anggur Jadi Ikon Tangsel

Syarief Oebaidillah | Megapolitan
KAT Dorong Buah Anggur Jadi Ikon Tangsel

DOK KAT
Komunitas Anggur Tangsel (KAT)

 

KOMUNITAS Anggur Tangsel (KAT) diharapkan dapat menjadikan buah anggur menjadi ikon Kota Tangsel berdampingan dengan tanaman anggrek. Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangsel, Sabam Maringan Holomoan Sihotang saat rapat kerja (raker) KAT di Bogor, akhir bulan lalu.

Dalam pernyataannya, Sabam mengapresiasi KAT yang telah menggagas pengembangan anggur Tangsel dalam berbagai kegiatan, termasuk menggelar raker. Sabam berharap program Kerja KAT ke depan dilaksanakan dengan perencanaan matang serta memiliki target capaian terukur.

"Anggur merupakan komoditas yang memiliki potensi besar sebagai komoditi yang dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan untuk anggota dan komunitas serta masyarakat. KAT diharapkan secara terintegrasi dapat meningkatkan kualitas produk pertanian, parawisata dan perkembangan UMKM," ujarnya.

Ketua KAT Kota Tangsel Roy Nurdin menjelaskan, raker KAT kali ini menghasilkan sejumlah rekomendasi salah satunya, permohonan dukungan Pemkot Tangsel untuk mempercepat menjadikan anggur sebagai salah satu ikon di Tangsel. "Saat ini program KAT masih terus mengedukasi dan menyebar bibit ke masyarakat diharapkan segera mereka menjadi mandiri," kata Roy

Dikatakan, saat ini jumlah anggota KAT mencapai 250 orang yang telah menghasilkan bibit anggur, pupuk organik, dan media tanam pohon anggur. Sedangkan buah yang dihasilkan masih dikonsumsi untuk keluarga dan kalangan sendiri. "Kita membantu masyarakat yang ingin budi daya menanam anggur," cetus Roy seraya menambahkan mengapresiasi dukungan Pemkot Tangsel tersebut.

Di sisi lain, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan Kota Tangsel, H Fahmi mengatakan KAT harus menjadi kelembagaan yang kuat yang dapat mengelola  produktivitas, bisnis, dan eduwisata anggur di Tangsel sehingga Tangsel menjadi kota anggur yang lestari. "Rekomendasi raker KAT diharapkan mendapat dukungan penuh Wali Kota," kata Fahmi.

Syamsu Rijal, Ketua masyarakat Bina Cinta Lingkungan (m-BCL) memberi apresiasi keberadaan dan keseriusan KAT untuk berkembang dan berperan serta di pembangunan Tangsel. "Terlebih Wali Kota Benyamin Davnie bertekad mewujudkan anggur menjadi salah satu ikon Tangsel," jelasnya. (OL-15)

Baca Juga

Antara/Aprilio Akbar

Pemulihan Ekonomi Semakin Terasa, UMKM di Jakarta Terus Didorong Untuk Bangkit

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:36 WIB
Program pemerintah melalui KUR, dikatakan dia, bisa membangkitkan ekonomi. Untuk itu, Pegadaian hadir untuk salurkan KUR super...
MI/ Moh Irfan

Tandon Air Proyek LRT di Jakarta Jebol

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:34 WIB
Hingga saat ini, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab jebolnya tandon air proyek LRT di Jakarta, yang mengakibatkan lima orang...
MI/Rommy Pujianto

Pelapor Roy Suryo: Saya hanya Menyuarakan Minoritas

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:15 WIB
Harapan Herna bahwa semoga kasus ini ditinjaklanjuti, sama seperti kasus penistaan agama yang sudah terjadi sebelumnya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya