Kamis 27 Januari 2022, 14:21 WIB

BOR RS Rujukan Covid-19 Meningkat, Dinkes DKI Siap Tambah Kapasitas Faskes

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
BOR RS Rujukan Covid-19 Meningkat, Dinkes DKI Siap Tambah Kapasitas Faskes

ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Ilustrasi

 

DINAS Kesehatan DKI Jakarta siap menambah kapasitas tempat tidur covid-19 di RS rujukan covid-19 apabila dibutuhkan. Saat ini, terdapat peningkatan keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) RS rujukan covid-19 di ibukota.

Per 26 Januari, BOR isolasi telah mencapai 45% atau sebanyak 1.756 tempat tidur isolasi covid-19 telah terisi dari total yang tersedia sebanyak 3.922 tempat tidur.

Kemudian untuk BOR ICU covid-19 telah terisi sebanyak 14% atau 86 tempat tidur ICU telah terisi dari total 611 tempat tidur ICU.

"Masih aman. Tapi tetap kita lihat dan kalau memang jumlah tempat tidurnya untuk covid ini perlu ditambah maka kita tambah tentu dengan lakukan penyesuaian rumah sakitnya. Apakah pengaturan area rumah sakit yang full covid dengan yang campur. Walaupun area perawatannya sih beda seperti itu jadi kita lihat dari semua aspek," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes DKI Dwi Oktavia saat dihubungi, Kamis (27/1).

Menurut dia, kebijakan penambahan kapasitas mengikuti prosedur yang sudah ada di mana penambahan dilakukan untuk mempertahankan rasio BOR.

"Jadi tentu keterisian isolasi itu seperti dulu kita kan juga selalu pertahankan berusaha bisa di angka 60%-70% yah. Angka yang dianggap masih bisa di-manage dengan baiklah di faskes. Jadi saat ini dengan angka keterisian 45% relatif kondisinya masih ya cukup bisa dikendalikan di dalam lingkup kesehatan untuk kasus yang perlu perawatan," jelasnya. (OL-12)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Evaluasi HBKB, Koalisi Pejalan Kaki Soroti Rendahnya Pemindaian Peduli Lindungi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 22:26 WIB
"Nah di rapat evaluasi kemarin juga jadi sorotan terkait dengan masih sedikitnya publik yang melakukan pemindaian QR code," kata...
Antara/Dhemas Reviyanto

Koalisi Pejalan Kaki Minta Satgas Penanganan Covid-19 Bikin Panduan HBKB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:00 WIB
Panduan teknis itu berisikan berbagai ketentuan dan syarat pelaksanaan HBKB, termasuk apabila nantinya ada pihak-pihak yang ingin menggelar...
Dok MI

Pakar: Penertiban Penunggak Tagihan Air Tirta Pakuan Sesuai Regulasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:27 WIB
Suparji Ahmad menyebut bahwa langkah Perumda sudah sesuai dengan regulasi dari Perda Nomor 5 Tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya