Minggu 12 Desember 2021, 12:55 WIB

Kejar Target, Tim Vaksin Hunter Diluncurkan di Kabupaten Bogor

Dede Susianti | Megapolitan
Kejar Target, Tim Vaksin Hunter Diluncurkan di Kabupaten Bogor

dok.humas polres bogor
Tim Hunter Covid-19 Kabupaten Bogor

 

BEBERAPA hari ini personel gabungan dari TNI, Polri, Sat Pol PP, dinas kesehatan di Kabupaten Bogor terus mencari, mendatangi warga dan melakukan vaksinasi covid-19.

Personel gabungan tersebut diberi nama Tim Vaksin Hunter, yang dibentuk lima hari lalu dan atau secara resmi diluncurkan berbarengan dengan apel yang digelar Polres Bogor, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Rabu (8/12) lalu.

Tim Hunter bertugas mencari warga yang belum mendapatkan vaksin covid-19. Pembentukan tim ini, jelas Kapolres Bogor AKB Harun, merupakan langkah bersama Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten dalam upaya percepatan vaksinasi covid-19.

Tim ini, jelas dia, akan berpatroli secara mobile untuk mencari warga yang belum divaksinasi covid-19. Lalu divaksin untuk mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan komunal.

"Launching Tim Vaksin Hunter ini dengan dibekali data warga yang belum divaksinasi covid-19. Tenaga kesehatan yang ada di kami akan langsung memvaksin warga tersebut," kata Kapolres Harun, Minggu (12/12).

Sasaran di awal Tim Vaksin Hunter bergerak menyasar di Kecamatan Cibinong yaitu di 4 (empat) kelurahan yakni Kelurahan Ciriung, Kelurahan Pabuaran Mekar, Kelurahan Cibinong dan Kelurahan Tengah.

Kemudian lanjutnya, untuk di 37 kecamatan lainnya setelah data warga yang belum divaksinasi covid-19 lengkap, baru akan disasar oleh Tim Vaksin Hunter.

Lebih jauh soal cara kerja tim tersebut, Kapolres mengatakan, bahwa tim juga akan mendata apa kendala masing-masing kecamatan.

"Sudah tahu dimana kendalanya, kuta akan carikan solusinya, agar target 3,7 juta penduduk selesai divaksinasi covid-19 tahap 2 bisa tuntas pada akhir Bulan Desember ini," jelasnya.

"Kita harapkan dengan upaya yang kita lakukan ini, target sebesar 70 peren proses vaksinasi di akhir tahun 2021 yang di targetkan pemerintah ini bisa kita realisasikan di Wilayah Kabupaten Bogor,"tambahnya.

Kapolres Bogor yang juga selaku Wakil Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupatrn Bogor, selalu rutin dan terjun langsung melakukan pengawasan kerja dari tim tersebut.

Seperti yang dilakukan kemarin atau tepatnya Sabtu (11/12). Kapolres Harun melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke Kampung Bunisari tepatnya ke RT 02/08, Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong.

Bersama Kabag Ops Polres Bogor Kompol Fitra Zuanda, Kapolsek Cibinong AKP Bayu Tri Nugraha Hidayat, Kasat Binmas Polres Bogor AKP Irrine, Panit Binmas Polsek Cibinong Iptu Dodi Mulyadi, Lurah Cibinong Sugiyanto, bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan tim Dokkes Polres Bogor, melihat dan memeriksa jalannya kegiatan vaksinasi.

Hari itu, sebanyak 503 warga masyarakat berhasil divaksin, dengan rincian Kelurahan Tengah sebanyak 137 orang, Kelurahan Ciriung 202 orang, gagal 34 orang, Kelurahan Cibinong 76 orang, gagal 33 orang dan Kelurahan Pabuaran Mekar 88 orang, gagal 37 orang.

Keberadaan Tim Vaksin Hunter ini pun sangat efektif. Sebelumnya atau selama dua hari berturut-turut sejak hari pertama diluncurkan saja, Tim Vaksin Hunter Polsek Cibinong sebanyak 687 orang berhasil di vaksin dosis 1 maupun dosis 2.

Rinciannya di Kelurahan Tengah sebanyak 271 orang berhasil divaksin, di Kelurahan Ciriung 118 orang divaksin dan gagal 48 orang, di Kelurahan Cibinong 36 orang berhasil dan gagal 66 orang dan di Kelurahan Pabuaran Mekar 76 orang berhasil divaksin dan gagal 24 orang.

"Alasan warga masyarakat gagal melaksanakan vaksin antara lain mempunyai penyakit diabetes, jantung, struktur, hipertensi, batuk dan pilek, alergi obat, pasca operasi dan komorbid,"ujar Kapolsek Cibinong Ajun Komisaris Bayu Tri Nugraha Hidayat (OL-13)

Baca Juga: Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Bertambah

Baca Juga

DOK.MI

Kasus Covid-19 Naik di Depok, Warga Diminta Lebih Waspada

👤Kisar Rajaguguk 🕔Jumat 01 Juli 2022, 18:20 WIB
Kenaikan angka kasus harian dipicu karena sudah mulai normalnya aktivitas masyarakat di ruang...
DOK.MI

Kembali Bertambah, Kasus Covid-19 di DKI Tembus 9.593

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:10 WIB
Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 11,60%, sedangkan persentase kasus positif secara...
Ist

Bogor Food Festival Digelar di Lippo Plaza Ekalokasari Bogor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:43 WIB
Lebih dari 30 both menyiapkan berbagai ragam jenis makanan traditional yang didominasi makanan traditional nusantara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya