Kamis 09 Desember 2021, 14:57 WIB

Wagub DKI Jakarta Tegaskan Layanan Tranjakarta Tidak Dihentikan

Selamat Saragih | Megapolitan
Wagub DKI Jakarta Tegaskan Layanan Tranjakarta Tidak Dihentikan

Antara
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, saat diwawancarai wartawan.

 

WAKIL Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menegaskan, layanan Bus Transjakarta tidak mungkin dihentikan hanya karena beberapa kecelakaan melibatkan armada Transjakarta belakangan ini.

Sebab, keberadaan Transjakarta untuk kepentingan publik dan pelayanan yang lebih besar.

“Ini kan kepentingan publik, tidak mungkin kita memberhentikan Transjakarta, jangan hanya karena satu dua kelalaian, kemudian menutup pelayanan yang besar,” ujar Riza, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/12).

Riza menilai, setiap persoalan melibatkan Bus Transjakarta pasti dilakukan investigasi, evaluasi dan dicarikan solusinya. Namun, bukan berarti seluruh layanan Transjakarta harus dihentikan karena beberapa masalah.

“Transjakarta itu untuk kepentingan masyarakat transportasi yang baik, bahkan yang terbaik di Jakarta, justru yang terbaik di Indonesia pelayanan Transjakarta. Namun kalau ada kekurangan satu, dua, kita perbaiki sama-sama,” jelasnya.

Apalagi, lanjut Riza, saat ini, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sedang melakukan audit secara menyeluruh terhadap Transjakarta. Dia berharap temuan dan rekomendasi KNKT nantinya akan membuat Transjakarta lebih baik dalam memberikan pelayanan.

“Iya, KNKT sudah berkunjung, berdiskusi, dan dialog dengan Transjakarta. Kini sedang dicarikan formula terbaik ke depan,” ungkap Riza.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, M Yana Aditya, mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan evaluasi dan perbaikan dari sisi keselamatan pelayanan.

PT Transjakarta, lanjut Yana, sudah bertemu dengan KNKT pada Selasa (7/12) untuk meminta surveilence secara menyeluruh dan telah rapat bersama mitra operator pada Rabu (8/12) untuk melakukan evaluasi bersama.

Yana mengatakan, pihaknya telah bersepakat dengan para mitra operator untuk melakukan review SOP rekrutmen dan SDM pengemudi. Standar SOP yang ada di operator akan diselaraskan dengan standar yang ada di Transjakarta.

“Tak hanya penyelerasaan standar, tetapi juga pelatihan pengemudi pun akan dilakukan bersama-sama antara pihak Transjakarta dengan operator,” ujar Yana. (Ssr/OL-09)

Baca Juga

dok.mi

Terbakar Amarah, Istri Habisi Selingkuhan Suaminya Dengan Keji

👤Hilda Julaika 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:45 WIB
NU nekat menghabisi korban lantaran terbakar amarah karena mengetahui pesan whatsapp dari korbaan ke ponsel suaminya yang mempertanyakan...
MI/Ramdani

73,8 Persen Masyarakat Puas dengan Penyelenggaraan Mudik 2022

👤Yakub Pryatama W 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:18 WIB
Kepuasan masyarakat tersebut tergambar dalam hasil survei yang dilakukan sejak tanggal 5 hingga 10 Mei 2022, 73,8% masyarakat Indonesia...
Ilustrasi

Kota Depok Diterjang Angin Puting Beliung, 51 Rumah Rusak

👤Kisar Rajaguguk 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:12 WIB
Di Kecamatan Sawangan, sekitar 49 rumah serta tempat usaha rusak parah. Tembok, genteng dan plafon hancur hingga berjatuhan ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya