Minggu 10 Oktober 2021, 09:40 WIB

Pembangunan Sumur Resapan Capai 27% di Wilayah DKI Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pembangunan Sumur Resapan Capai 27% di Wilayah DKI Jakarta

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Petugas Dinas Bina Marga menyelesaikan pembuatan sumur resapan air hujan di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan pembangunan 40 ribu sumur resapan dangkal untuk mengurangi genangan di musim hujan. Dari total tersebut, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta telah berkontrak dengan kontraktor untuk membangun 22 ribu.

Dari jumlah tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza mengatakan, sudah ada 6.232 sumur resapan yang dibangun atau 27,95%.

"Dinas SDA ingin membuat tidak kurang dari 22.290an titik. Alhamdulillah sudah selesai 6.232 titik. Insya Allah tahun ini kita akan selesaikan 22.290," kata Ariza, Sabtu (9/10).

Ariza melanjutkan, sumur resapan efektif mengurangi genangan di wilayah yang cekung. "Ke depan kita akan terus tingkatkan program pengendalian banjir," ujarnya.

Di samping sumur resapan, program pengendalian banjir lainnya juga akan digiatkan yakni pengerukan lumpur dalam program gerebek lumpur.

"Gerebek lumpur juga akan dilakukan yang cukup efektif mengurangi titik-titik genangan banjir dan kita akan memaksimalkan pembangunan sumur resapan," terangnya.

Ariza menambahkan, sumur resapan tidak hanya berperan sebagai program mengurangi genangan tetapi juga membuat cadangan air tanah. Sebab, dengan sumur resapan, air hujan dialirkan langsung ke tanah. (Put/OL-09)

Baca Juga

Antara/Reno Esnir

Imbas Rentetan Kecelakaan, DPRD DKI Minta Audit Total PT Transjakarta 

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 22:30 WIB
Menurutnya, penting untuk menemukan akar permasalahan yang menyebabkan insiden kecelakaan bisa terjadi saat melayani...
Dok. Kasoem

Perluas Edukasi Perawatan Mata, Kasoem Vision Care Perbarui Layanan Cabang Bogor 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 22:27 WIB
Layanan Vision Care mengandalkan layanan perawatan penglihatan berkesinambungan dengan pemeriksaan mata yang detail serta solusi produk...
DOK Sinar Mas Land.

Galeri Kampung Mantul Binaan Sinar Mas Land Jadi Wahana Wisata Edukasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 21:15 WIB
Pendidikan lingkungan merupakan pembelajaran penting untuk anak-anak usia dini. Hal ini perlu terus dilakukan guna memupuk rasa cinta dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya