Kamis 30 September 2021, 23:12 WIB

120 Pelaku UMKM di Jaktim Dapat Pelatihan Pemasaran Digital

Rahmatul Fajri | Megapolitan
120 Pelaku UMKM di Jaktim Dapat Pelatihan Pemasaran Digital

MI/ Rahmatul Fajri
Sudin Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Timur.

 

SEBANYAK 120 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mendapatkan pelatihan pemasaran digital. Pelatihan itu diselenggarakan oleh JX Indonesia dengan menggandeng Sudin Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Timur.

Head of Marketing JX Indonesia Andhika Yosmik menjelaskan, pelatihan yang digelar di Tempat Kumpul Kreatif Gedung PPIKM, Pulogadung, Jakarta Timur itu betujuan untuk mendorong bisnis pelaku UMKM dari segi pemasaran digital.

“Selayaknya teman, JX Indonesia tidak hanya menyediakan jasa pengiriman dengan standar internasional dari JD.com, tapi juga ingin mendorong bisnis pelaku UMKM di Jakarta Timur dari segi edukasi pemasaran digital dan bagaimana mereka harus terus beradaptasi untuk berjualan di masa pandemi ini," kata Andhika di Jakarta, Kamis (30/9).

Andhika memahami bahwa pelaku UMKM tumbuh bak jamur di musim hujan saat pandemi covid-19. Maka dari itu, ia mengatakan para pelaku UMKM perlu mendapatkan edukasi agar dapat beradaptasi dan bertahan di tengah pandemi.

"Toko fisik pun kini mulai berpindah ke toko daring atau online store. Namun, berjualan di dunia daring perlu dibekali edukasi yang lebih mendalam, terutama untuk menggaet target pasar saat ini, yakni generasi milenial," katanya.

Andhika mengatakan pada pelatihan itu, pelaku UMKM akan dijelaskan mengenai keuntungan metode pembayaran Cash On Delivery (COD). Ia mengatakan sejauh ini mayoritas pembeli lebih memilih transaksi dengan COD.

"Faktanya 74% masih memilih COD sebagai metode transaksi belanja dan pengiriman barang. Di situasi jual beli secara online, COD merupakan jalan tengah yang memungkinkan online seller dan customer merasakan kepuasan dalam berbelanja secara online," ujarnya.

Andhika memastikan JX dan JD.ID akan terus melakukan pelatihan dengan menggandeng pelaku UMKM di daerah lain. "Tidak hanya di Jakarta, tapi juga seluruh kota di Indonesia dengan materi pelatihan yang menarik dan sesuai kebutuhan," tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Suku Dinas PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur Parulian Tampubolon menyambut positif inisiatif dan ajakan kolaborasi untuk meningkatkan penjualan pelaku UMKM.

"Harapannya ke depan, mudah-mudahan para UKM kita tetap semangat dalam menghasilkan produknya. dengan adanya pelatihan dengan JX ini, mereka juga terbantu dalam memasarkan produknya, sehingga produk-produk mereka bisa sampai ke tangan konsumen. UKM tetap semangat, pantang menyerah," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Medina Zein Bakal Ajukan Praperadilan Gugat Status Tersangka

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 17 Januari 2022, 14:19 WIB
Medina telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pada Jumat (14/1). Sebanyak 52 pertanyaan dicecar penyidik kepada...
Ilustrasi

Prajurit TNI Dikeroyok Hingga Tewas, Begini Kronologinya

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Senin 17 Januari 2022, 14:07 WIB
Korban bernama Sahdi, yang merupakan anggota Yonif Raider 303 TNI-AD itu, meninggal dunia akibat ditikam dan dikeroyok...
MI/Dok KAI Commuter

KAI Commuter Perkenalkan 3 Desain Baru Kartu Multi Trip

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 17 Januari 2022, 12:24 WIB
Tiga desain pemenang kompetisi masing-masing mengangkat tema futuristik (The Cybernaut), tema urban (The Urbanist), dan tema estetik (The...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya