Senin 26 Juli 2021, 10:00 WIB

Dapur Umum Balai Kemensos Bekasi Salurkan 13 Ribu Makanan untuk Nakes

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Dapur Umum Balai Kemensos Bekasi Salurkan 13 Ribu Makanan untuk Nakes

MI/Rudi Kurniawansyah
Petugas dapur umum balai Kemensos di Kota Bekasi tengah menyiapkan makanan bagi 13 ribuan nakes dan warga yang isoman di wilayahnya.

 

DAPUR umum yang didirikan tiga balai Kemensos di Kota Bekasi yakni Tan Miyat, Budi Dharma, dan Pangudi Luhur sejak Jumat (23/7) hingga Senin (26/7), telah menyalurkan sekitar 13.300 paket makanan nasi kotak dan air mineral untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kota dan Kabupaten Bekasi.

Selain itu, dapur umum yang berfungsi selama PPKM level 4 itu juga menyalurkan makanan untuk tenaga pemulasaran, dan pemakaman, serta masyarakat yang sedang isolasi mandiri (Isoman).

"Dapur umum dikelola tiga balai untuk membantu penanganan pandemi covid-19. Dapur umum beroperasi dengan jumlah 3.300 nasi kotak setiap hari yang     disalurkan untuk menangani situasi PPKM darurat (level 4)," kata Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Tan Miyat, Pudak Bektiwidari, kepada Media Indonesia, di Kota Bekasi, Senin (26/7).

Bekti yang turut bersama Kabalai Budi Dharma Pujiyanto, dan Kabalai Pangudi Luhur Kokom Komalawati menjelaskan, paket nasi kotak berisikan makanan nasi, daging, lauk, telur, sayuran, dan air mineral. Makanan disiapkan oleh tim dapur umum sejak pukul 10.00 WIB malam. Pada pagi harinya tim dapur umum menyiapkan sayuran untuk pelengkap paket makanan agar siap diantarkan kepada penerima pada siang harinya.

"Target pukul 11.00 WIB harus selesai. Jadi sayuran disiapkan pagi-pagi karena takut basi," ujarnya.

Ia mengungkapkan, sasaran paket makanan dari dapur umum adalah seluruh puskesmas dan rumah sakit di Kota dan Kabupaten Bekasi. Kecuali RSUD Kota Bekasi yang makanan naskesnya telah dipasok dari dapur umum di Kalibata.

"Kita sebagai instansi kementerian sosial dan logo kita kesetiakawanan sosial. Bisa membantu penanganan covid-19, meski hanya pemberian kebutuhan dasar dari sisi pangan berupakan makanan," imbuhnya.

Sejauh ini, lanjut Bekti, respon nakes dan masyarakat sangat baik. Mereka mengucapkan terima kasih atas bantuan makanan nasi kotak dari tiga balai Kemensos di Bekasi.

Menurut Bekti, rencana awalnya, operasi dapur umum akan berakhir pada Rabu (28/7) nanti. Namun dengan pengumuman perpanjangan PPKM level 4 hingga tanggal 2 Agustus nanti maka kemungkinan dapur umum ikut diperpanjang.

"Kami masih menunggu arahan pimpinan. Rencana awalnya kan sampai tanggal 28 Juli tapi PPKM kembali diperpanjang sampai Agustus. Nanti tanggal 28 Juli, kami akan koordinasi dan evaluasi lagi," pungkasnya.(OL-13)

Baca Juga: Penumpang KA Lokal Tak Lagi Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin Covid

Baca Juga

dok.mi

BMKG: Sebagian Wilayah DKI Hujan pada Siang dan Malam Hari

👤Muhamad Fauzi 🕔Minggu 19 September 2021, 06:23 WIB
BMKG memprakirakan di sejumlah wilayah DKI Jakarta diguyur hujan, disertai petir dan angin kencang pada Minggu siang hingga malam...
MI/ Ramdani

23 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Digunakan di Gerai 17 Mall Kota Bekas

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 18 September 2021, 23:51 WIB
Ia mengungkapkan, Pemkot Bekasi memberikan fasilitas vaksin di berbagai tempat demi mempercepat...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Ganjil-genap di Puncak-Cianjur Diusulkan Diterapkan Permanen

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 18 September 2021, 19:05 WIB
Polres menilai penerapan ganjil genap di jalur Puncak-Cianjur-Bogor, efektif untuk diterapkan secara permanen disertai aturan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya