Kamis 08 Juli 2021, 16:34 WIB

Mobil Vaksin Covid-19 Keliling Siap Percepat Vaksinasi di DKI Jakarta

mediaindonesia.com | Megapolitan
Mobil Vaksin Covid-19 Keliling Siap Percepat Vaksinasi di DKI Jakarta

Ist
Mobil Vaksin Covid-19 keliling siap dioperasikan di wilayah DKI Jakarta.

 

TARGET sasaran vaksinasi Covid-19 secara nasional yang dicanangkan pemerintah sebanyak 181.554.465 warga.

Pemerintah melaporkan jumlah penerima vaksin Covid-19 per tanggal 6 Juli 2021 tercatat sebanyak 33.176.029 warga Indonesia yang mendapat suntikan vaksin dosis pertama, atau baru sebesar 18,27% dari total target vaksinasi nasional.

Adapun warga yang telah mendapat vaksin Covid-19 dosis kedua atau lengkap baru mencapai 14.267.980 orang, atau sebesar 7,86% dari total target vaksinasi nasional.

Melihat target yang masih jauh, hingga kini pemerintah terus menggencarkan vaksinasi massal gratis di sejumlah daerah, terutama di DKI Jakarta sebagai upaya preventif penanganan Covid-19.

Sebagai upaya untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 guna mencapai herd immunity atau kekebalan komunal, hari ini PT Magenta Mediatama (Magenta Mediatama), perusahaan yang bergerak di bidang pameran dan event organizer (EO), bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan uji coba Mobil Vaksin Keliling yang berlokasi di RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Cempaka Sari, Jakarta Timur, Kamis (7/7).

Hadirnya terobosan layanan Mobil Vaksin Keliling ini diharapkan dapat membantu Pemprov DKI Jakarta menjangkau lebih banyak warga untuk bisa mendapatkan layanan vaksinasi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menyambut baik kolaborasi yang dilakukan Magenta Mediatama bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penyediaan Mobil Vaksin keliling di wilayah DKI Jakarta.

“Keberadaan mobil vaksin keliling seperti ini sangat membantu, khususnya warga yang tidak memiliki transportasi maupun para lansia, sehingga mereka tidak perlu lagi repot-repot mencari tempat vaksinasi Covid-19,” kata Anwar.

“Dengan cara seperti ini, diharapkan target vaksinasi terhadap 7,5 juta warga DKI Jakarta pada akhir Agustus 2021 dapat segera tercapai dan per hari ini (7/7) sudah 5 juta orang yang mendapatkan vaksin di Jakarta,” jelasnya.

“ Untuk itu, mari bersama-sama kita tunjukkan bahwa kita mampu untuk menghadapi dan melewati pandemi ini, salah satunya dengan mengikuti program vaksinasi Covid-19. Silahkan mengunjungi sentra-sentra vaksin yang telah disiapkan, termasuk melalui Mobil Vaksin Keliling ini,” ujar Muhammad Anwar.

Sementara itu, Direktur Utama Magenta Mediatama Andry Sutradjaja mengatakan, “Vaksinasi merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19, selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “

“Apalagi saat ini tengah berkembang varian baru Covid-19 dan menular lebih cepat dengan dampak yang lebih berat. Maka, vaksinasi diharapkan menjadi salah satu upaya dalam menekan penularan virus ini,” jelasnya.

“Oleh karena itu, melalui inisiatif penyediaan mobil vaksin keliling ini,   diharapkan dapat membantu percepatan program vaksinasi Covid-19, mengurangi potensi kerumunan pada saat proses vaksinasi Covid-19, serta dapat menjangkau wilayah yang padat dan terpencil,” ucap Andry.

Senada dengan Wali Kota Jakarta Timur, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Widyastuti juga sangat mengapresiasi kolaborasi Magenta Mediatama untuk mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

“Diharapkan dengan adanya mobil layanan vaksinasi Covid-19 keliling ini, dapat memudahkan warga DKI Jakarta untuk mendapat layanan vaksinasi Covid-19,” jelas dr.Widyastuti.

Saat ini Pemprov DKI akan menyiapkan 10 unit mobil vaksin keliling, dan setiap mobil vaksin keliling akan berada di 2 titik dengan target jumlah warga yang divaksinasi sebanyak 100 orang per hari per titik.

Di setiap mobil vaksin keliling ditempatkan 5 petugas yang terdiri dari 2 tenaga kesehatan dan 3 orang tenaga non medis.

Untuk tahap uji coba, titik lokasi Mobil Vaksin Keliling akan ditempatkan di posko Jakarta Timur yang berlokasi di RPTRA Cempaka Sari, Cakung Barat, Jakarta Timur.  Untuk jumlah unit mobil kedepannya akan terus bertambah. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

ANTARA

Sejumlah Fasilitas di RPTRA Jakpus Rusak

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 24 September 2021, 15:18 WIB
Sudin PPAPP Jakarta Pusat, Bangun Manalu, mengakui kondisi RPTRA di Jakarta Pusat banyak yang rusak dan kurang...
Metrotvnews

Anggota TNI yang Tewas di Depok Ditikam Pakai Pisau Lipat

👤Siti Yona Hukmana 🕔Jumat 24 September 2021, 15:04 WIB
"Korban datang untuk melerai. Niatnya baik untuk melerai tetapi secara spontanitas tersangka langsung menusuk pisau tepat di dada...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Anies Ingin Banjir di Jakarta Surut Dalam Enam Jam

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 24 September 2021, 14:29 WIB
Riza menambahkan, jika angka yang dipilih kurang dari itu, akan sulit tercapai karena tidak mudah untuk mengatasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

El Diablo Waspada Sodokan Pecco

Trek lurus sepanjang 1,2 kilometer di Circuit of The Americas, Austin, AS, dapat dimanfaatkan Pecco dengan tunggangan motor Ducati Desmosedici yang kian tangguh di beberapa seri terakhir.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya