Selasa 15 Juni 2021, 20:22 WIB

Para Dosen dan Peneliti Menguji Hasil Penelitian Siswa SMAN di Jakarta

mediaindonesia.com | Megapolitan
Para Dosen dan Peneliti Menguji Hasil Penelitian Siswa SMAN di Jakarta

Ist
Para dosen dan peneliti dari universitas menguji hasil peneltian dan karya ilmiah siswa SMAN 8 Jakarta secara virtual.

 

SEBANYAK 13 orang terdiri atas dosen dan peneliti univiersitas di berbagai bidang menjadi  tim penguji atas sejumlah penelitian yang dilakukan para siswa SMAN 8 Jakarta.

Penelitian mencakup beragam tema dan judul, baik bidang sosial maupun ilmu pengetahuan alam. Pengujian atas hasil penelitian siswa ini dilakukan secara virtual, akhir pekan ini.

Para penguji yang semuanya adalah alumni SMAN 8 Jakarta ini terkesan dengan hasil yang dipresentasikan.  Bahkan Dinas Kesehatan Kota Depok ingin menindaklanjuti salah satu hasil penelitian siswa ini karena dinilai sangat berguna bagi masyarakat  dalam stuasi pandemi Covid-19 saat ini.

Hasil penelitian yang akan digandeng Dinkes Depok adalah Kelompok 18 dengan judul penelitian "Purwarupa Aplikasi Manajemen Kesehatan dan Asupan Nutrisi Tubuh."

Adapun yang tertarik untuk mengajak kerja sama adalah salah satu panelis yaitu Vetty Yulianty Permanasari, SSi, MPH.

Dalam keterangan pers Selasa (15/6), Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, Rita Hastuti M.Pd, menyampaikan harapan nya bahwa hasil penelitian siswa SMAN 8 Jakarta bisa masuk dalam jurnal ilmiah yang bisa di publish secara internasional.

Dalam pidato penutupan, Rita mengandaikan pengujian karya tulis ini seperti  wujud “Kampus Rajawali Emas”  atau sebutan untuk  SMA yang terletak di kawasan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan itu) dalam menggodok kemampuan penelitian Rajawali Emas 22 dengan di uji oleh 13 penguji dosen dan peneliti profesional dalam berbagai universitas dan bidang.

Mengenai karya penelitian siswa  itu, Koordinator Ortu Angkatan 2022, Dyah Farmasita mengatakan, S MAN 8 Jakarta  bekerja sama dengan Forum Koordinasi Orang Tua atau Fondasi 22 yaitu perwalian orang tua angkatan22, mengadakan lomba karya tulis untuk   Rajawali Emas 22.

Lomba karya tulis ini sebagai pengganti penelitian lapangan yang disebut tesis dan biasanya dilaksanakan di desa selama beberapa hari melaibatkan seluruh siswa satu angkatan. Karena  Covid-19, Angkatan 2022 SMAN 8 Jakarta menggantinya dengan lomba karya tulis ini.

Ada 40 kelompok beranggotakan 360 siswa Kelas XI angkatan 22 membuat karya tulis dengan berbagai macam judul penelitian.

“Pembekalan penelitian oleh 40 pembantu guru dan alumni sejak Awal tahun 2021. Pengambilan data dan penulisan hasil penelitian dilakukan di tengah tengah situasi was pandemi dengan mengikuti protokol kesehatan,” kata Dyah.

Dyah sangat merasakan “challenge” yang sangat besar baik bagi sekolah maupun putra-putri  Rajawali Emas 22 dalam menyelesaikan rangkaian kegiatan karya tulis Ilmiah tahun ini.

Pengambilan data yang biasanya diambil secara langsung dengan menemui narasumber, kali ini harus dilakukan dengan menyesuaikan situasi pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan.

Namun melihat hasil hasil penelitian yg mumpuni serta “applicable” terlihat bahwa Rajawali Emas 22 mampu menunjukkan sifatnya yang cerdas, tangguh, dan peduli dalam berbagai situasi. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

Anies Sebut Tren Kematian Pasien Covid-19 Turun, Tapi Masih di Atas 100 Kasus Per Hari

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:50 WIB
Menurut Anies, penurunan terjadi jika dibandingkan dengan puncak pandemi yang bisa menyentuh sedikitnya 400 pemakaman...
MI/ M Irfan

Anies: 900 Gerai Vaksinasi Merdeka Jangkau Masyarakat

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 21:58 WIB
Menurut Anies, vaksin telah terbukti menurunkan risiko terjadinya fatalitas dan gejala berat jika seseorang terpapar...
MI/ Ramdani

Anies Sebut PPKM Darurat Berhasil Turunkan Kasus Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:30 WIB
"Mari kita teruskan. Saya mengajak kepada semua untuk jangan kendor, ini belum selesai,”...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya