Minggu 13 Juni 2021, 12:09 WIB

Wakil Wali Kota Bekasi Uji Kesiapan Aplikasi PPDB 2021

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Wakil Wali Kota Bekasi Uji Kesiapan Aplikasi PPDB 2021

Dok: Pemkot Bekasi
Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menguji fitur kesiapan aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021

 

WAKIL Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menguji fitur kesiapan aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 yang akan berlangsung dalam dua fase dengan pra pendaftaran secara daring mulai 14 Juni hingga 30 Juni.

Tri Adhianto mengungkapkan fitur SIAP PPDB yang baru diharapkan mampu menjadi solusi bagi calon peserta terkait birokrasi pendaftaran sekolah.

"Mudah-mudahan proses ini dapat berjalan dengan lancar sehingga dapat mempermudah birokrasi yang ada. Dengan adanya prinsip transparansi, akuntabel dan profesionalitas dari pemerintah yang pada akhirnya diharapkan mampu untuk menumbuhkan rasa kepercayaan warga masyarakat pada Pemerintah Kota Bekasi," kata Tri Adhianto di Kota Bekasi, Minggu (13/6).

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tentunya akan terus berupaya, terus berinovasi, dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang ada di Kota Bekasi. Termasuk permasalahan yang ada di dunia pendidikan sehingga dapat terwujud apa yang menjadi visi misi Kota Bekasi yaitu cerdas, kreatif, maju, sejahtera, dan ihsan.

Uji fitur kesiapan aplikasi PPDB 2021 secara online bertempat di ruang rapat kerja Wakil Walikota Bekasi. Turut mengikuti kegiatan tersebut yakni Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), TWUP4, anggota DPRD, ASDA 2, beserta Kabid Dinas pendidikan.

Sistem PPDB tahun ini sedikit berbeda dengan sistem PPDB sebelumnya. Menurut Qodir, selaku operator dari Dinas Komimfo Kota Bekasi, memaparkan panduan tatacara pendaftaran PPDB tahun 2021.

Baca juga: DKI Cari Solusi Bagi Siswa Luar DKI yang Sulit Mendaftar PPDB

Ada dua fase yang disiapkan oleh Dinas Pendidikan. Fase yang pertama pra pendaftaran yang dimulai sejak tanggal 14 Juni sampai dengan 30 Juni, tenggang waktu yang diberikan diperuntukan calon peserta verifikasi berkas.

"Langkah pertama yang harus dipersiapkan oleh calon peserta ialah, menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sebagai syarat pra pendaftaran yang kemudian diverifikasi oleh petugas Disdik," jelas Qodir.

Ia memaparkan, setelah berkas sudah terverifikasi, data tersebut akan terintegritas dengan data base yang ada di Dinas Pendidikan. Dari data tersebut sudah dapat terlihat apakah calon peserta termasuk jalur prestasi, zonasi, atau afirmasi.

Sedangkan fase kedua yaitu pendaftaran, diperuntukan bagi calon peserta untuk mendaftar dengan menentukan sekolah yang dituju, dan dijadwalkan pada tanggal 1, 2, 3, dan 5 Juli 2021.

Kadisdik Kota Bekasi Inayatullah menambahkan, untuk membantu para calon peserta PPDB, Dinas Pendidikan menyiapkan unit petugas pendidikan (UPP) pada tiap-tiap kecamatan.(OL-5)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

Anies Sebut Tren Kematian Pasien Covid-19 Turun, Tapi Masih di Atas 100 Kasus Per Hari

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:50 WIB
Menurut Anies, penurunan terjadi jika dibandingkan dengan puncak pandemi yang bisa menyentuh sedikitnya 400 pemakaman...
MI/ M Irfan

Anies: 900 Gerai Vaksinasi Merdeka Jangkau Masyarakat

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 21:58 WIB
Menurut Anies, vaksin telah terbukti menurunkan risiko terjadinya fatalitas dan gejala berat jika seseorang terpapar...
MI/ Ramdani

Anies Sebut PPKM Darurat Berhasil Turunkan Kasus Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:30 WIB
"Mari kita teruskan. Saya mengajak kepada semua untuk jangan kendor, ini belum selesai,”...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya