Kamis 20 Mei 2021, 20:02 WIB

Kasus Covid-19 Varian India di Jakarta, Dinkes Tracing 200 Nakes

Selamat Saragih | Megapolitan
Kasus Covid-19 Varian India di Jakarta, Dinkes Tracing 200 Nakes

ANTARA/M RISYAL HIDAYAT
Sejumlah tenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

 

KEPALA Seksi Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ngabila Salama, mengatakan, pihaknya melakuan tracing dan testing terhadap kurang lebih 200 orang tenaga kesehatan (nakes) dan pasien setelah seorang tenaga kesehatan terkonfirmasi positif Covid-19 dengan varian baru B1617 asal India. Kasus nakes di Jakarta ini diduga merupakan transmisi lokal.

“Sepertinya hampir 200 orang (tracing). Ada nakes dan ada pasien,” ujar Ngabila saat dihubungi, di Jakarta, Kamis (20/5).

Tracing dan testing, kata Ngabila, tentu dilakukan terhadap nakes dan pasien yang kontak erat dengan nakes yang sudah terkonfirmasi positif. Pihaknya berupaya untuk melakukan testing dan tracing secara masif agar virus varian baru asal India ini tidak menyebar lebih luas.

“Intinya kami melakukan terus secara aktif sesuai dengan edaran Kemkes, ada indikasinya, mana yang dicurigai ada virus. Nah itu kami lakukan survaliens secara aktif, sehingga kasus nakes ini termasuk terjaring aktif survaliens dari Dinkes DKI,” ungkapnya.

Baca juga: Virus Korona Asal India Karena Transmisi Lokal di Jakarta

Tracing dan testing tersebut, menurut dia, masih dalam proses maka belum ada hasilnya. Sementara nakes yang positif covid-19 dengan varian baru B1617 asal India sudah divaksin covid-19 2 dosis. Namun, dia tetap saja positif covid-19.

“Yang ini (kasus nakes) karena sudah divaksinasi dua kali, masih positif makanya dia diperiksa (diketahui terkonfirmasi positif covid-19 varian B1617 asal India),” ungkap Ngabila.

Selain kasus nakes, di DKI Jakarta terdapat satu kasus lagi yang positif covid-19 dengan varian B1617 asal India yakni warga negara asing yang sudah diisolasi di RS rujukan covid-19 di Jakarta.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan pemantauan Kemenkes sejak Januari 2021 hingga 19 Mei 2021, terdapat 10 kasus positif covid-19 di Indonesia yang tertular virus korona varian B1617 asal India. Dua kasus di Jakarta termasuk dalam 10 kasus varian B1617 asal India tersebut. (A-2)

Baca Juga

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Seluruh Wilayah Jakarta Bakal Diguyur Hujan Hari Ini

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 05 Desember 2021, 08:44 WIB
"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur pada siang dan...
Antara/Reno Esnir

Imbas Rentetan Kecelakaan, DPRD DKI Minta Audit Total PT Transjakarta 

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 22:30 WIB
Menurutnya, penting untuk menemukan akar permasalahan yang menyebabkan insiden kecelakaan bisa terjadi saat melayani...
Dok. Kasoem

Perluas Edukasi Perawatan Mata, Kasoem Vision Care Perbarui Layanan Cabang Bogor 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 22:27 WIB
Layanan Vision Care mengandalkan layanan perawatan penglihatan berkesinambungan dengan pemeriksaan mata yang detail serta solusi produk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya