Selasa 04 Mei 2021, 16:00 WIB

Bus Gratis dari Tanah Abang Dipadati Penumpang, Ini Kata Dishub

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Bus Gratis dari Tanah Abang Dipadati Penumpang, Ini Kata Dishub

MI/Andri Widiyanto
Warga mengantre untuk menaiki bus Transjakarta gratis.

 

BUS gratis yang disediakan oleh PT Transjakarta sebagai alternatif saat Stasiun Tanah Abang mengalami rekayasa perjalanan, terpantau dipadati penumpang. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan bahwa sejumlah bus gratis sudah dipersiapkan bagi penumpang untuk diantar ke lima stasiun alternatif. Tepatnya, saat Stasiun Tanah Abang mengalami penutupan pada pukul 15.00-19.00 WIB.

Pihaknya pun mengakui kepadatan terjadi di dalam bus, karena banyak penumpang yang memaksakan diri untuk masuk ke dalam bus. Mereka enggan menunggu kedatangan bus selanjutnya.

Baca juga: Trans-Jakarta Beri Layanan Gratis Alternatif Stasiun Tanah Abang

"Iya padat, mereka tidak sabar nunggu bus berikutnya," ujar Syafrin di Balai Kota, Selasa (4/5).

Kepadatan di dalam bus gratis juga disebabkan sebagian besar warga yang berbelanja ke Tanah Abang merupakan rombongan. Fenomena yang terjadi, lanjut Syafrin, mereka enggan berpisah ke dalam bus yang berbeda, saat busnya sudah penuh.

"Kita ada antrean dan itu biasanya penumpang kurang sabar. Kemudian mereka biasanya rombongan, memang yang belanja itu satu kampung. Jadi ketika naik bus, ini rombongan tidak mau naik bus berikutnya. Sempat ada insiden kecil meminta untuk dilakukan," terang Syafrin.

Baca juga: Polda Metro Jaya Minta Objek Wisata Ditutup Selama Libur Lebaran

Lebih lanjut, pihaknya akan mengevaluasi protokol kesehatan di dalam bus alternatif. Sehingga, tetap dapat beroperasi optimal. Selain itu, penambahan angkutan layanan alternatif juga sudah dilakukan mulai Selasa (4/5) ini.

Rute bus gratis yang disediakan oleh PT Transjakarta, yakni rute Stasiun Tanah Abang-Stasiun Palmerah (TNB 1), Stasiun Tanah Abang–Stasiun Gondangdia (TNB 2) dan Stasiun Tanah Abang–Stasiun Duri (TNB 3).

Lalu, Stasiun Tanah Abang-Stasiun Karet (TNB 4). Untuk rute tersebut, Transjakarta menyediakan 20 unit bus yang melayani masyarakat pada 3-12 Mei 2021 dan beroperasi pukul 15.00–18.00 WIB.(OL-11)

 

 

 

 

 

Baca Juga

MI/Adam Dwi

DKI Tutup Sementara Ancol, TMII dan Ragunan Hingga 17 Mei

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 18:45 WIB
Keputusan ini menyusul evaluasi kepadatan pengunjung di sejumlah tempat wisata pada masa libur Lebaran. Pengelola tempat wisata dapat...
Antara

Antisipasi Arus Balik Lebaran, Korlantas Perketat Pengawasan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 16:00 WIB
Mengacu data Kemenhub, ada sekitar 1,5 juta orang meninggalkan wilayah Jabodetabek pada libur Lebaran. Sehingga, Polri harus melakukan...
Antara

Perketat Arus Balik, Polda Metro Jaga 4 Titik Krusial

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 15 Mei 2021, 14:45 WIB
Warga yang sudah terlanjur mudik Lebaran diminta membawa surat bebas covid-19 saat kembali ke wilayah Jakarta. Sebab, petugas akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya