Selasa 04 Mei 2021, 07:44 WIB

Mulai Hari Ini, Penumpang Diizinkan Transit di Stasiun Tanah Abang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Mulai Hari Ini, Penumpang Diizinkan Transit di Stasiun Tanah Abang

MI/Andri Widiyanto
Stasiun Tanah Abang

 

BERDASARKAN evaluasi terhadap pelaksanaan penyesuaian layanan di hari pertama perubahan opersional di Stasiun Tanah Abang, maka mulai Selasa (4/5), pengguna KRL akan diizinkan transit atau berganti kereta di Stasiun Tanah Abang. Meskipun demikian, Stasiun Tanah Abang tetap tidak melayani pengguna yang hendak keluar maupun masuk stasiun pada pukul 15.00-19.00 WIB.

"Petugas KAI Commuter dibantu tambahan petugas keamanan senantiasa menerapkan protokol kesehatan bagi para pengguna, seperti wajib memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL. Upaya menjaga jarak juga dilakukan saat kondisi stasiun padat yaitu dengan penyekatan sebelum pengguna naik KRL," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resminya, Selasa (4/5).

Pada jam sibuk pagi dan sore hari petugas melakukan penyekatan di stasiun padat. Seperti di Stasiun Palmerah pada Senin (3/5) sore hingga malam dilakukan penyekatan yang dibagi dalam beberapa zona.

Penyekatan bertujuan untuk menghitung jumlah pengguna yang naik KRL sesuai kuota masing-masing stasiun. Penyekatan di Stasiun Palmerah dibagi dalam beberapa zona yaitu saat pengguna akan masuk stasiun, di hall tengah stasiun, hingga ujung di depan pos kesehatan untuk selanjutnya diarahkan menuju peron 1.

"Sebagai dampak ditutupnya Stasiun Tanah Abang, kuota pengguna yang dapat naik ke setiap rangkaian KRL dari Stasiun Palmerah juga bertambah. Tambahan kuota diambil dari Stasiun Tanah Abang yang sementara tidak melayani pengguna," ungkapnya.

Baca juga: KRL dari Bogor Tidak Berhenti di Stasiun Tanah Abang

KAI Commuter secara konsisten terus menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh pengguna KRL dengan mewajibkan memakai masker kain 3 lapis atau masker kesehatan, menjaga jarak, dan mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah naik KRL. Selain itu apabila terjadi kepadatan, petugas akan melakukan penyekatan di area stasiun.

Agar terhindar dari antrean, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi KRL Access yang menyediakan fitur info kepadatan stasiun, posisi terkini KRL, jadwal KRL serta informasi terkini dari media sosial KAI Commuter. Para pengguna dapat mengakses aplikasi ini untuk merencanakan perjalanannya sebelum berangkat ke stasiun. Ikuti informasi terkini mengenai layanan KAI Commuter melalui akun media sosial resmi di @commuterline.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta bersama PT KAI dan PT KAI Commuter berkolaborasi untuk mengurangi kepadatan penumpang di Stasiun Tanah Abang sebagai imbas membludaknya warga Jabodetabek yang ingin berbelanja kebutuhan hari raya di Pasar Tanah Abang. Upaya itu dilakukan dengan menutup layanan keluar masuk penumpang dari dan menuju Stasiun Tanah Abang pada pukul 15.00-19.00 WIB.

Penumpang pada pukul tersebut tidak dapat naik maupun turun di stasiun tersebut karena tidak ada KRL yang berhenti di Stasiun Tanah Abang. KRL hanya berhenti di stasiun sebelumnya yakni Palmerah untuk relasi Maja/Serpong, Karet untuk relasi Bogor/Nambo, dan Duri untuk relasi Angke/Jatinegara.(OL-5)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

Anies Sebut Tren Kematian Pasien Covid-19 Turun, Tapi Masih di Atas 100 Kasus Per Hari

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:50 WIB
Menurut Anies, penurunan terjadi jika dibandingkan dengan puncak pandemi yang bisa menyentuh sedikitnya 400 pemakaman...
MI/ M Irfan

Anies: 900 Gerai Vaksinasi Merdeka Jangkau Masyarakat

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 21:58 WIB
Menurut Anies, vaksin telah terbukti menurunkan risiko terjadinya fatalitas dan gejala berat jika seseorang terpapar...
MI/ Ramdani

Anies Sebut PPKM Darurat Berhasil Turunkan Kasus Covid-19

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:30 WIB
"Mari kita teruskan. Saya mengajak kepada semua untuk jangan kendor, ini belum selesai,”...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya