Rabu 07 April 2021, 23:55 WIB

Pembangunan Jalur Sepeda Permanen Sudirman Thamrin Molor

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Pembangunan Jalur Sepeda Permanen Sudirman Thamrin Molor

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Pesepeda melintasi jalur khusus sepeda yang telah diberikan pembatas jalur permanen di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

 

Pembangunan jalur sepeda permanen di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin molor dari rencana rampung pada akhir Maret 2021 karena ada pemindahan lajur TransJakarta.

"Itu lajur (TransJakarta) akan digeser lebih ke timur, sehingga satu lajur yang ada di sisi timur akan masuk ke lajur sisi barat, sehingga akan ada konsistensi lajur," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, di Jakarta, Rabu (7/4).

Ia mencontohkan pemindahan lajur TransJakarta di kawasan Dukuh Atas yang sejatinya akan digunakan untuk jalur sepeda.

Dia berujar, dengan digesernya lajur TransKakarta, maka akan ada tiga lajur lalu lintas untuk kendaraan bermotor dan satu jalur sepeda permanen bisa dibangun tanpa kendala. "Kemudian (hambatan) termasuk di dalamnya pembangunan di Taman Semanggi. Ini juga perlu masukan secara komprehensif dari seluruh elemen," ucap dia.

Meski demikian, Syafrin mengatakan, saat ini Dinas Perhubungan DKI Jakarta sedang melakukan percepatan agar jalur permanen itu bisa segera rampung. "Untuk jalur sepeda permanen memang saat ini terus dilakukan percepatan," kata Syafrin.

Saat ini jalur sepeda yang sudah dipasang pembatas (planter box) hanya terealisasi 11,3 persen saja. Dari 4.454 pembatas yang ditargetkan dipasang, baru direalisasikan sebesar 505 pembatas saja. "Di sana (jalur sepeda rencana permanen) sudah ada marka. Marka yang memang itu disiapkan, ada marka memanjang itu semua akan diletakkan pembatas di sana," kata Syafrin.

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta berencana memasang pembatas itu sebagai penanda jalur sepeda permanen di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin.

Jalur sepeda sepanjang 11,2 kilometer dengan lebar dua meter direncanakan rampung akhir Maret 2021. "Jalur sepeda juga akan dilengkapi dengan fasilitas rack sebagai rest area pesepeda," tulis akun Instagram resmi Dishub DKI Jakarta @dishubdkijakarta, 1 Maret 2021. (Ant/OL-12)

Baca Juga

ANTARA/Fakhri Hermansyah

Menhub Targetkan Revitalisasi Stasiun Bekasi Selesai Akhir Tahun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 19 April 2021, 11:02 WIB
Saat ini, progres pengembangan Stasiun Bekasi dilaporkan sudah mencapai...
ANTARA/Tangkapan layar Twitter @arizapatria

Wagub DKI Kunjungi Pengungsi Kebakaran Taman Sari

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 19 April 2021, 08:51 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan sejumlah instansi lintas dinas untuk membantu korban kebakaran di Taman Sari...
Antara/HO/Twitter TMC Polda Metro Jaya

Polda Metro Jaya Gelar Razia Knalpot Bising

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 19 April 2021, 06:40 WIB
Pengendara motor yang masih nekat menggunakan knalpot tidak sesuai standar dan menimbulkan polusi suara akan dikenakan sanksi tilang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jalan Tol dan PKT untuk Ekonomi yang Lebih Baik

Pembangunan jalan tol sejatinya berpengaruh terhadap roda perekonomian bahkan sejak mulai tahap perencanaan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya