Rabu 07 April 2021, 16:23 WIB

Jelang Ramadan, DKI Pastikan Inflasi Terjaga & Stok Pangan Aman

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Jelang Ramadan, DKI Pastikan Inflasi Terjaga & Stok Pangan Aman

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi kebutuhan pangan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin jalannya High Level Meeting Tim Penanganan Inflasi Daerah (TPID) bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terkait di Ruang Pola, Balai Kota Jakarta, Rabu (7/4). Forum tersebut juga membahas kesiapan stok pangan di ibu kota jelang Ramadan 1442 Hijriah.

“Kita akan antisipasi (inflasi) jelang Ramadan, di mana dari tahun ke tahun kita menemukan situasi yang hampir sama. Kita harus siapkan agar masyarakat mendapatkan kepastian, khususnya pasokan kebutuhan pokok berjalan lancar, sehingga 'demand' (permintaan) terjaga dan harga stabil serta terjangkau,” ucap Anies dalam keterangan resminya, Rabu (7/4).

Usai melihat dan mendengarkan paparan dari para jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta BUMD pangan, Anies memastikan pasokan jelang Ramadan aman. Apabila pasokan bahan pokok aman, maka demand akan terjaga bahkan meningkat, sehingga akan menggerakkan perekonomian.

“Dari paparan Bapak/Ibu, secara kesiapan, kita siap dan stoknya aman. Perlu kita garis bawahi adalah menggerakkan perekonomian dengan menjaga demand dari konsumsi rumah tangga. Bila konsumsi rumah tangga bergerak, maka akan berdampak besar pada rute menuju 'recovery' dari pandemi,” paparnya.

Baca juga: Stok Pangan Selama Ramadan di Kota Padang Mencukupi

Berdasarkan data dari TPID DKI Jakarta, inflasi di DKI Jakarta relatif terjaga dan lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Tercatat, inflasi Jakarta sebesar 0,06 % (mtm), atau sebesar 1,11% (yoy) pada Maret 2021. Secara kumulatif, inflasi Jakarta sampai dengan Maret 2021 tercatat sebesar 0,38% (ytd) lebih rendah dari periode yang sama tahun 2020 yaitu 0,85% (ytd).

“Perbaikan ekonomi DKI Jakarta diperkirakan masih berlanjut pada triwulan I 2021. Beberapa indikator perekonomian menunjukkan perbaikan di antaranya peningkatan penjualan online serta otomotif, kenaikan impor barang konsumsi, serta membaiknya indeks keyakinan konsumen dan job vacancy,” jelas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta Onny Widjanarko.

Sementara itu, dari sisi pengendalian inflasi pangan, TPID DKI Jakarta terus memantau perkembangan harga dan kecukupan pasokan untuk menjaga kestabilan harga pangan di Ibu Kota di tengah pandemi covid-19. Untuk mendorong efektivitas dan optimalisasi pengendalian harga serta menjaga kecukupan pasokan, BUMD pangan dalam memperluas kerja sama perdagangan antar wilayah menjadi model bisnis utama TPID DKI Jakarta.

Ke depan, TPID DKI Jakarta akan terus berkomitmen dan konsisten menempuh langkah dan kebijakan konkret dalam menjalankan strategi pengendalian inflasi melalui strategi 4K, yaitu Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Korlantas  Polri

Pelabuhan Merak Tidak Jual Tiket, Kakorlantas : Jangan Nekat Mudik

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 23 April 2021, 01:58 WIB
"Tadi presentasi teknikal for cam di polres serang, cilegon, semuanya kesiapsiagaannya sudah bagus, sudah terkoordinasi baik personel,...
Antara

Satgas Revisi Aturan Mudik, Dishub DKI: SIKM Tetap Berlaku 6-17 Me

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 22 April 2021, 21:50 WIB
Melalui adendum tersebut, hasil tes yang berlaku adalah yang diambil maksimal 1x24 jam sebelum tanggal...
Antara/Fakhri Hermansyah.

Rizieq Interupsi saat Jaksa Pertanyakan Logo FPI ke Saksi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 22 April 2021, 20:46 WIB
Awalnya kejadian tersebut berawal dari jaksa yang mempertanyakan soal legalitas penggunaan logo FPI kepada saksi Abda Ali selaku pegawai...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perburuan Gelar belum Usai

 Ancaman diskualifikasi dihindari karena tim yang tersisa urung ikut Liga Super Eropa

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya