Sabtu 09 April 2016, 15:10 WIB

Batman: Kasus Reklamasi Upaya Jatuhkan Ahok

Astri Novaria | Megapolitan
Batman: Kasus Reklamasi Upaya Jatuhkan Ahok

ANTARA

 

KETUA Komunitas Basuki Tjahaja Purnama Mania (Batman) Immanuel Ebenezer menilai kasus dugaan penyuapan untuk pengesahan dua rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait reklamasi 17 pulau pantai utara tersebut merupakan upaya untuk menjatuhkan Ahok.

"Ini hanya cara orang-orang yang tidak punya program untuk melawan Ahok. Mereka cari celah dan dapatkan momen, bagaimana caranya turunkan Ahok," kata Immanuel, Sabtu (9/4).

Immanuel membandingkan upaya menjatuhkan Ahok melalui mencari-cari kesalahan hukum, serupa dengan cara untuk menjatuhkan mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur.

"Mirip dengan cara jatuhkan Gusdur. Metodenya sama, cari-cari kesalahan hukum dan segala cara," pungkasnya.

Di sisi lain, pakar oseanografi IPB Alan Koropitan berpendapat tidak ada kebaikan dari reklamasi Teluk Jakarta, apalagi jika dikaitkan penanganan banjir, sedimentasi dan kualitas air. Ia juga menyebut dampak limbah organik yang mengakibatkan kematian bagi ikan dan udang di Teluk Jakarta. Dengan demikian pula reklamasi otomatis berbahaya bagi keselamatan manusia karena berdampak pada rantai makanan.

"Ketika kita membuat perubahan bentang alam dengan membuat 17 pulau baru maka terjadi pelambatan arus, maka material yang mengalir di sungai-sungai makin lama mengendap. Makanya pulau-pulau itu memperparah sedimentasi, banjir dan memperburuk kualitas air. Reklamasi menambah parah semua. Kalau limbah ini masuk rantai makanan, akan membahayakan manusia. Dari segi lingkungan juga tidak ada manfaatnya sama sekali, memperparah banjir, di muara-muara itu cenderung tersumbat," urai Alan. (OL-2)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Wagub Sebut Transformasi Teknologi ke Energi Listrik Cegah Polusi Udara

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 05 Juli 2022, 10:15 WIB
"Kita punya komitmen kemampuan yang kuat untuk transformasi teknologi ke energi listrik dengan adanya pengadaan bus listrik, bus...
ANTARA

Pemprov DKI Akan Evaluasi Kerja Sama Dengan ACT

👤Selamat Saragih 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:36 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengevaluasi kerja sama dengan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap...
Antara

Enam Saksi Diperiksa Terkait Jebolnya Tandon Air LRT

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 04 Juli 2022, 20:19 WIB
Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial menampilkan jebolnya tandon LRT pada Selasa, 28 Juni...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya