Sabtu 20 Maret 2021, 21:00 WIB

Stasiun Bekasi Layani Tes GeNose untuk Penumpang KA Jarak Jauh

Hilda Julaika | Megapolitan
Stasiun Bekasi Layani Tes GeNose untuk Penumpang KA Jarak Jauh

Antara/Umarul Faruq.
Petugas kesehatan memeriksa sampel tes cepat dengan alat GeNose C19 di Stasiun KA Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (20/3).

 

DI area Daop 1 Jakarta, untuk meningkatkan layanan dan mengakomodasi kebutuhan pengguna jasa kereta api jarak jauh (KAJJ), layanan tes GeNose juga dibuka di Stasiun Bekasi mulai Sabtu (20/3).

Menurut Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Stasiun Bekasi telah tersedia perangkat alat tes GeNose lengkap dengan fasilitas pendukungnya. Ada bilik pengambilan sampel napas, perangkat komputer, ruang tunggu, dan print bagi analis dan media (LCD, poster) sebagai alat sosialisasi cara melakukan tes GeNose.

"Bagi calon penumpang KA yang akan melakukan pemeriksaan tes GeNose diwajibkan tidak makan/minum dan tidak merokok 30 menit sebelum melakukan GeNose test," kata Eva dalam keterangan resminya, Sabtu (20/3).

PT KAI Daop 1 Jakarta kembali mengimbau para calon pengguna yang akan menggunakan layanan tes di stasiun agar melakukan pemeriksaan H-1 atau satu hari sebelum jadwal keberangkatan.

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 20 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 dan SE Satgas Covid-19 Nomor 5 Tahun 2021 ditetapkan bahwa untuk menggunakan KA jarak jauh pelanggan diharuskan menunjukkan hasil pemeriksaan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Khusus keberangkatan pada hari libur keagamaan dan libur panjang, penumpang diwajibkan menunjukkan hasil pemeriksaan negatif screening covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. (OL-14)

Baca Juga

Setwapres

Wapres Apresiasi Peningkatan Layanan Publik di Banten

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:26 WIB
Masih menurut Wapres, sebagai lrovinsi yang paling dekat dengan Jakarta, posisi Banten menjadi...
MI/ANDRI WIDIYANTO

PDI Perjuangan Sebut Program Penanganan Banjir Anies Gagal Total

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 20 Januari 2022, 20:43 WIB
Hardiyanto Kenneth secara terbuka meminta maaf kepada warga Jakarta, khususnya korban banjir akibat hujan deras pada Selasa (18/1) di...
dok.ist

Peradi Tower Bakal Hadir di Sudut Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 19:15 WIB
DEWAN Pimpinan Nasional Peradi memiliki gedung baru lantai tujuh yang akan digunakan sebagai kantor sekretariat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya