Kamis 04 Maret 2021, 07:02 WIB

45.546 Lansia di Jakarta Sudah Divaksin Covid-19 Dosis Pertama

Hilda Julaika | Megapolitan
45.546 Lansia di Jakarta Sudah Divaksin Covid-19 Dosis Pertama

Dok MI
Petugas kesehatan mengecek kesehatan sebelum vaksinasi covid-19 secara drive thru untuk lansia di Kemayoran, Jakarta, Rabu (3/3/2021).

 

SEBANYAK 45.546 warga lanjut usia (lansia) di Jakarta telah divaksin covid-19 dosis pertama dalam periode 19 Januari-2 Maret 2021. Jumlah ini sudah mencapai 5% dari target lansia sasaran vaksinasi yang mencapai 911.631 orang.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, sejauh ini sebanyak 2.010 lansia ditunda vaksinasi. Sedangkan, 231 lansia tidak dapat atau dibatalkan untuk diberikan vaksinasi.

"Dari penapisan atau skrining oleh petugas kesehatan, kondisi medis pasien lansia ada yang belum memungkinkan untuk divaksin, umumnya karena komorbid," ujarnya, Rabu (3/3).

Widyastuti menjelaskan, program vaksinasi covid-19 Tahap Kedua bagi kelompok lansia masih terus berlangsung di lima wilayah kota dan kabupaten. Pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi lansia dilaksanakan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) seperti, puskesmas kelurahan, puskesmas kecamatan, dan RSUD.

"Lansia yang akan mendapatkan vaksinasi covid-19 dapat mengisi formulir pendaftaran melalui dki.kemkes.go.id," terangnya.

Setelah mendaftar, sambung Widyastuti, para lansia dapat menunggu pesan pemberitahuan atau notifikasi dari puskesmas/RSUD terkait lokasi dan penjadwalan vaksinasi sebelum berkunjung ke fasyankes untuk menghindari kerumunan.

baca juga: 200 Lansia Jalani Vaksinasi Covid-19 di Menteng

Kemudian, lansia yang akan divaksin harus dalam kondisi sehat (tidak batuk/pilek/demam/sesak nafas) dalam tujuh hari terakhir. Kemudian, penyintas covid-19 lebih dari tiga bulan, serta tidak sedang menderita penyakit jantung/penyakit liver/penyakit ginjal kronis/melakukan prosedur cuci darah.

"Para lansia ini juga tidak dalam proses pengobatan kanker/pengobatan gangguan pembekuan darah/pengobatan defisiensi imun/sedang transfusi, memiliki kondisi/riwayat penyakit epilepsi/diabetes melitus/HIV/penyakit paru (asma, PPOK) dalam keadaan terkontrol, serta tidak menerima vaksin lain kurang dari satu bulan terakhir," tandasnya. (OL-3)


 

Baca Juga

MI/Susanto

Siklon Tropis Surigae Tidak Berdampak Pada Cuaca di Jabodetabek

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 20:00 WIB
"Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek. Namun, cuaca Jabodetabek saat ini dipengaruhi oleh Sirkulasi Siklonik di...
dok.Pemprov DKI Jakarta

Temui Bupati Kuningan, Anies Buka Kerjasama Antardaerah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:35 WIB
Kunjungan silaturahmi ini bertujuan membuka komunikasi awal terkait potensi kerja sama antardaerah yang nantinya akan dibangun antara...
Dok.Korlantas Polri

Penegasan Kakorlantas Larang Mudik Lebaran Diapresiasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 14:15 WIB
Dia menilai mudik tahun ini tidak jauh beda kondisinya dengan mudik tahun lalu situasi dan kondisinya. Meski proses vaksinasi terus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya