Rabu 03 Maret 2021, 11:51 WIB

189 Ribu Lansia di Jakarta Selatan Siap Divaksin Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
189 Ribu Lansia di Jakarta Selatan Siap Divaksin Covid-19

Presidential Palace/Agus Suparto
Presiden Jokowi meninjau proses vaksinasi para guru dan lansia di SMA Negeri 70 Bulungan , Jakarta Selatan, Rabu (24/2)

 

TOTAL ada 189 ribu lansia di Jakarta Selatan yang ditargetkan mendapatkan vaksinasi Covid-19. Untuk proses vaksinasi dosis pertama direncanakan akan diberikan dalam waktu satu bulan.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji dalam keterangan resminya, Selasa (2/3). Ia mengatakan, ada 10 lokasi di Jakarta Selatan yang disiapkan untuk lokasi pemberian vaksinasi covid-19.

"Setiap titik di kisaran 250 orang (lansia). Kami menyiapkan 10 titik di Jakarta Selatan secara serentak melakukan vaksinasi ini," kata Isnawa.

Ia menjelaskan, kegiatan vaksinasi Covid-19 ini dilakukan menindaklanjuti Instruksi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta No 19 Tahun 2021 tentang Vaksinasi Dinamis Berbasis Wilayah.

Vaksinasi ini bertujuan untuk menjaga imun dan kekebalan tubuh para lansia sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kegiatan vaksinasi memiliki tahapan-tahapan, di antaranya pendaftaran ulang lansia, kemudian dilakukan skrining kesehatan, lalu suntik vaksin.

"Vaksinasi ini adalah program pemerintah, tujuannya juga baik. Vaksinasi ini adalah bagian dari upaya memutus mata rantai pandemi Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan M. Helmi menambahkan, jumlah 189 ribu lansia yang akan divaksinasi covid-19 berdasarkan data dari catatan Suku Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan.

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan akan mengonfirmasi lebih lanjut terkait data lansia tersebut.

"Untuk mencapai sasaran tersebut tentunya tidak hanya satu tempat, supaya lebih cepat mencapai sasaran, beberapa tempat di antaranya bangunan pemerintah seperti sekolah, RPTRA, dan lain-lain," kata Helmi.

Indonesia mulai memasuki tahap kedua program vaksinasi Covid-19 yang menyasar warga lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun dan pekerja publik.

Lansia menjadi prioritas penerima vaksin karena risiko kematian yang lebih tinggi apabila terpapar Covid-19. Jadwal vaksinasi di Jakarta akan disesuaikan dengan distribusi vaksin covid-19 dari pemerintah pusat. (Put/OL-09)

Baca Juga

MI/Susanto

Siklon Tropis Surigae Tidak Berdampak Pada Cuaca di Jabodetabek

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 20:00 WIB
"Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek. Namun, cuaca Jabodetabek saat ini dipengaruhi oleh Sirkulasi Siklonik di...
dok.Pemprov DKI Jakarta

Temui Bupati Kuningan, Anies Buka Kerjasama Antardaerah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:35 WIB
Kunjungan silaturahmi ini bertujuan membuka komunikasi awal terkait potensi kerja sama antardaerah yang nantinya akan dibangun antara...
Dok.Korlantas Polri

Penegasan Kakorlantas Larang Mudik Lebaran Diapresiasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 14:15 WIB
Dia menilai mudik tahun ini tidak jauh beda kondisinya dengan mudik tahun lalu situasi dan kondisinya. Meski proses vaksinasi terus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya