Kamis 25 Februari 2021, 12:00 WIB

BPBD DKI: Hari Ini, Status Jakarta Siaga Banjir

Hilda Julaika | Megapolitan
BPBD DKI: Hari Ini, Status Jakarta Siaga Banjir

MI/Andri Widiyanto
Petugas membersihkan sisa lumpur pasca banjir di kawasan Tebet, Jakarta, Senin (22/2/2021).

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan peringatan status siaga banjir hari ini, Kamis (25/2). Hal ini berdasarkan analisis data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Disampaikan BPBD DKI melalui akun instagramnya @bpbddkijakarta.

“Berdasarkan hasil analisis data dari BMKG dengan Impact Based Forecast (IBF) serta BNPB dengan InaRisk, maka perlu diwaspadai potensi Banjir pada tanggal 25 Februari 2021,” tulis @bpbddkijakarta, Kamis (25/2).

Adapun wilayah di Jakarta yang berada dalam status siaga banjir meliputi Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Barat, dan kota Jakarta Utara. Sementara itu, di sekitar wilayah Jakarta seperti Banten pun terancam terkena banjir. Di antanya, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kota Serang.

Kemudian untuk Kabupaten Bogor, Kota Depok, Bekasi, dan Kota Bekasi pun diminta waspada adanya banjir. Wilayah di Jawa Barat seperti Indramayu pun masuk dalam kategori status siaga banjir. Hingga beberapa wilayah di Jawa Tengah di antaranya, Kendal, Kota Semarang, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Kota Pekalongan, Brebes, Kota Tegal.

Baca juga: Pemprov DKI Klaim Lebih Gesit Atasi Banjir Ketimbang Daerah Lain

BMKG juga sudah memperkirakan hujan mengguyur Jakarta sepanjang hari, dengan intensitas ringan hingga lebat, Kamis (25/2).

BMKG bahkan mengeluarkan peringatan dini untuk warga Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat untuk berhati- hati karena hujan di kawasan tersebut berintensitas lebat disertai angin kencang dan petir.

"Waspada potensi hujan intensitas lebat disertai kilat/petir di Jakut, Jakpus, Jakbar pada pagi, siang dan malam hari," tulis prakiraan itu di laman bmkg.go.id.

Hujan diperkirakan terus berlanjut memasuki Jumat dini hari, hujan lebat secara merata mengguyur enam wilayah kota dan kabupaten berupa hujan petir.

Suhu rata-rata sepanjang Kamis ini di Ibu Kota diperkirakan berada di kisaran 24 hingga 30 derajat celsius.(OL-5)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto.

Polisi akan Sanksi Warga yang Nekat Mudik Lebaran

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 12 April 2021, 13:34 WIB
Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ayat 4 bahwa angkutan barang memang tidak diperkenankan...
MI/Ramdani

Polisi akan Tindak Tegas Travel Gelap Selama Larangan Mudik

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 12 April 2021, 13:00 WIB
Pihaknya akan menindak tegas jika ada warga yang mencuri kesempatan dengan travel gelap atau melalui jalan tikus untuk menghindari...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Wali Kota Jaktim Minta Warga tak Gelar Sahur On The Road

👤Hilda Julaika 🕔Senin 12 April 2021, 12:39 WIB
Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, Pemkot Jakarta Timur mengimbau warga agar tidak menggelar kegiatan sahur on the...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya