Senin 22 Februari 2021, 20:45 WIB

Peduli Banjir, Baznas (Bazis) DKI Lakukan Aksi Bersih Bareng Warga

mediaindonesia.com | Megapolitan
Peduli Banjir, Baznas (Bazis) DKI Lakukan Aksi Bersih Bareng Warga

Ist
Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta telah melakukan kegaitan bersih-bersih lingkungan di Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan.

 

SEUSAI banjir melanda wilayah Jakarta, Sabtu (20/2), tumpukan sampah dan endapan lumpur terlihat di berbagai sudut gang di antara rumah-rumah warga di Jakarta.

Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan adalah wilayah yang terdampak banjir paling parah di wilayah DKI Jakarta.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) (Bazis) Provinsi DKI Jakarta telah melakukan aksi tanggap bencana dengan melakukan kegaitan bersih-bersih lingkungan di wilayah Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan.

Hadir dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan di Kelurahan Kebon Baru Jakarta Selatan di antaranya, Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta KH.Ahmad Luthfi Fathullah, Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) , Tim Tanggap Bencana Baznas Bazis DKI, dan para relawan. 

Dalam pelaksanaannya, Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta dan para relawan dari almuni peserta pelatihan tata graha.

Kegiatan aksi bersih juga dibantu pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) setempat serta warga yang turut membersihkan berbagai fasilitas umum agar segera berfungsi kembali.

Ketua Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta, KH Ahmad Luthfi Fathullah membuka kegiatan tersebut dan juga turun langsung bersih-bersih lingkungan bersama para relawan.

"Wilayah ini menjadi salah satu yang terdampak cukup parah sejak banjir melanda Jakarta pada Sabtu dini hari  (20/2/21). Pada sebagian wilayah tersebut, masyarakat yang sempat mengungsi sudah mulai kembali ke rumah masing-masing," jelas Ahmad pada keterangan pers, Senin (22/2).

"Karena bencana yang datang tanpa memandang status apapun, Banzas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta hadir tidak hanya pada saat evakuasi, tapi pasca banjirpun harus hadir melalui kegiatan seperti hari ini," paparnya.

"Bersih-bersih lingkungan ini adalah salah satu fase dalam upaya membersihkan kembali sudut-sudut rumah, fasilitas umum dan jalanan dari tumpukan lumpur dan sampah yang berpotensi menjadi sumber penyakit," jelas Ahmad. 

"Perlu diketahui bahwa banjir pada awal tahun 2021 memiliki sebaran yang luas dengan dampak kerusakan lingkungan dan korban jiwa yang tidak sedikit.

"Sehingga, Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta terus menggerakkan partisipasi masyarakat untuk turut serta membantu korban, baik dengan doa, tenaga maupun materi," tambahnya. 

Sejak banjir melanda, Baznas (Bazs) Provinsi DKI Jakarta sekurangnya telah membantu evakuasi sedikitnya di 14 titik di Jakarta serta melayani pengungsi di titik pengungsian dengan mendirikan 11 dapur umum dan dapur air serta mendistribusikan 10.500 bungkus roti. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

ASN Pemprov DKI Dilarang Ambil Libur 12 Maret

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Maret 2021, 22:06 WIB
"Tidak boleh libur ke luar kota. Termasuk di Jumat, 12 Maret,"...
dok.mi

Stres Dalih Mantan Muncikari Artis Robby Abbas pakai Narkoba

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 05 Maret 2021, 20:15 WIB
MANTAN muncikari artis Robby Abbas mengaku mengonsumi narkoba, karena banyak...
Antara/Aprilio Akbar

TransJakarta Dinobatkan Sebagai BUMD Terbaik 2021

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Maret 2021, 19:35 WIB
TransJakarta berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori Indonesia Best BUMD Awards 2021 on Leading Digital Innovation Programs to...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya