Selasa 26 Januari 2021, 11:54 WIB

Bima Arya Khawatir Warga Sudah Anggap Covid-19 Flu Biasa

Hilda Julaika | Megapolitan
Bima Arya Khawatir Warga Sudah Anggap Covid-19 Flu Biasa

MI/Pius Erlangga
Wali Kota Bogor Bima Arya

 

WALI Kota Bogor Bima Arya mengutarakan kekhawatirannya kalau masyarakat sudah menganggap covid-19 itu flu biasa.

Pasalnya, ia melihat perbedaan signifikan dari perilaku warga. Pada saat awal pandemi di bukan Maret dan April, Bima melihat lingkungan masih sepi oleh masyarakat. Padahal kasus harian masih rendah. Saat ini penambahan kasus covid-19 sudah sangat tinggi. Tapi justru masyarakat sudah berani keluar rumah dan abai pada protokol kesehatan.

Baca juga: TPU Bambu Apus Mulai Difungsikan untuk Pemakaman Covid-19

"Saya seringkali sedih lihat kondis sekarang. Maret dan April melihat ke luar jalanan sepi, saat itu penambahan kasus masih di bawah 10 per hari. Hari ini di Bogor sudah di atas 100 per hari tapi warganya semakn tidak disiplin. Takutnya sudah mikir flu biasa karena banyak yang kena dan sembuh," kata Bima dalam diskusi daring di BNPB pada, Senin (25/1).

Menurutnya hal ini sangat berbahaya. Karena saat terkena virus covid-19, sambung dia, seseorang tak akan mengetahui akan masuk kategori pasien apa. Kalau dengan bergejala berat ini bisa mengancam kematian.

"Karena itu, saya sampaikan kepada seluruh warga, bagi anda yang hari ini bosan di rumah yakinilah kalau kalian keluar dan terpapar kemudian dirawat di rumah sakit maka hal yg anda inginkan pertama kali di piliran hanya kembali ke rumah," sarannya.

Selain itu, ia mengingatkan agar taat pada protokol kesehatan jika memang diharuskan ke luar rumah. Adapun jika tak ada keperluan mendesak, disarankan untuk tetap di rumah. (OL-6)
 

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

Mudik Dilarang, Travel Gelap Beroperasi akan Ditindak

👤 Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 14 April 2021, 05:26 WIB
Korlantas Polri mulai melakukan pencegahan dan antisipasi jika ada masyarakat yang mudik sebelum hari libur 6 hingga 17 Mei...
MI/Vicky Gustiawan

Tak ada Kasus Covid-19 dari Sepekan Uji Sekolah Tatap Muka di DKI

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 13 April 2021, 23:48 WIB
"Sejauh ini belum ada laporan. Mudah-mudahan jangan sampai ada laporan yang enggak baik," kata pria yang akrab disapa Ariza...
Dok MI

Anies: Kemenangan ada di Depan Mata, Tahan Godaan

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 13 April 2021, 23:02 WIB
"Kemenangan itu sudah di depan mata, kita sudah menuju kondisi yang lebih baik. Mari kita tahan diri. Mari kita tetap disiplin,”...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya