Rabu 28 Oktober 2020, 14:42 WIB

Libur Panjang, Anies Wanti-wanti Munculnya Klaster Keluarga

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Libur Panjang, Anies Wanti-wanti Munculnya Klaster Keluarga

MI/Ramdani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

LIBUR panjang akhir pekan ini masih diwarnai dengan pandemi covid-19. Di masa liburan interaksi masyarakat biasanya lebih intensif. Saling mengunjungi atau berpergian saat liburan menjadi hal yang biasa.

Namun, hal itu diharapkan tidak terjadi di masa pandemi covid-19 ini. "Pada saat hari hari libur terjadi interaksi yg lebih intensif. Kita mengunjungi keluarga, mengunjungi kolega, berkegiatan bersama. Di sini potensi penularan muncul," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam video yang diunggah ke akun Youtube Pemprov DKI, Sabtu (28/10).

Baca juga: PSBMK Kota Bogor Berlanjut Hingga 10 November

Padahal semua pihak mengetauhi bahwa virus ini tidak mengenal tempat serta bisa menular di mana saja, kapan saja. Tidak hanya menular di tempat publik, bahkan penularan di ruang ruang privat juga sangat tinggi. "Di Jakarta angka klaster keluarga mencapai 39% dari total seluruh klaster," ujarnya.

Klaster keluarga di Jakarta hingga kini mencapai 4.684 dan total positif sampai 36.659 kasus.

Artinya banyak sekali penularan yang justru terjadi di dalam keluarga. Masyarakat sering kendur disiplin protokol kesehatannya karena merasa kenal, merasa saudara, maka tidak menggunakan masker dengan baik, tidak menjaga jarak, tidak mencuci tangan.

"Pada saat kita berada di kendaraan umum, kita disiplin menjalankan 3M. Kita berada di tempat tempat yang banyak orang, kita pakai masker. Tapi ketika bertemu dengan keluarga, kolega, orang yang kita kenal, mendadak kita merasakan turun kedisiplinan itu," jelasnya.

Ia pun mengingatkan bahwa meski kita mengenal kerabat dan keluarga bukan artinya penularan berhenti. Penularan bisa terjadi lewat orang yang dikenal ataupun tidak dikenal.

Baca juga: 12.369 Personel Gabungan Kawal Demo Omnibus Law Hari Ini

"Karena itu jangan sampai kita melaksanakan 3M ketika bersama orang orang yang tidak dikenal, tapi ketika bersama orang-orang yang dekat, justru kita longgar dalam 3M. Saya mengajak kepada semuanya di masa liburan ini, maka kita berlibur sambil menjaga kesehatan, menjaga keselamatan, melindungi sesama. Ketika kita ingin melindungi saudara kita, pakai masker," tegasnya.

Ia juga mengimbau agar dalam masa wabah ini, warga tetap menghabiskan masa libur dengan berada di rumah.(OL-6)
 

Baca Juga

Dok MI

Cek Prokes Polisi Jakbar Justru Temukan Delapan Pengguna Narkoba

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:41 WIB
13 orang yang dites, delapan diantaranya positif menggunakan narkoba. Meski demikian, polisi tak menemukan adanya narkoba di...
ANTARA/Adi Wirman

Dirum RS Ummi Sebut Hasil Tes Usap Rizieq Positif Covid-19 Hoaks

👤Dede Susianti 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:33 WIB
Harapan persoalan tidak berlanjut, karena pihaknya beranggapan sudah menjadi salah satu komitmen yang disampaikan oleh Wali Kota Bogor Bima...
AFP

Positif Covid-19 di Jakarta Bertambah 1.166 Kasus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:50 WIB
Untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 157.233. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya