Kamis 03 September 2020, 12:35 WIB

Klaster Kelompok Bermunculan, Anies Siapkan Regulasi Isolasi

Hilda Julaika | Megapolitan
Klaster Kelompok Bermunculan, Anies Siapkan Regulasi Isolasi

Antara/Wahyu Putro
Mural covid-19

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan masih menyusun regulasi perihal isolasi masyarakat yang terpapar covid-19. Hal ini dilakukan menyusul larangan isolasi mandiri yang berkontribusi menambah penularan covid-19 di klaster komunitas, yakni permukiman. Pihaknya mengatakan lewat regulasi ini adalah langkah pemerintah untuk meningkatkan intervensi kepada masyarakat yang terpapar covid-19.

“Langkah-langkah ke depan akan diumumkan sesudah regulasinya siap. Tapi intinya kita akan meningkatkan intervensi pada orang-orang yang terpapar dan terbukti positif, sehingga kita bisa memotong mata rantai penyebaran covid-19,” jawabnya saat ditanya oleh mediaindonesia.com, Kamis (3/9).

Baca juga: PSI Sebut Kebijakan Fasilitas Isolasi Pasien Covid-19 Terlambat

Regulasi ini, menurutnya, memungkinkan masyarakat yang terbukti positif covid-19 langsung diisolasi ke fasilitas kesehatan. "Karena sebelumnya, jika ada kasus tanpa gejala masih bisa melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing masyarakat. Isolasi ini diketahui mendorong penyebaran virus covid-19 di lingkungan sekitar," jelasnya.

Saat ini, imbuh Anies, sedang disusun regulasi isolasi di Jakarta supaya mereka yang sudah dites positif covid-19 bisa benar-benar isolasi dengan baik. "Sehingga mereka tidak menjadi penyebar dan kita sedang susun regulasinya kalau sudah lengkap kita akan umumkan,” lanjutnya.

Di lain pihak, Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta, Idris Ahmad meminta Anies Baswedan segera merealisasikan rencana peniadaan isolasi mandiri yang bertujuan menekan penyebaran covid-19 di area permukiman.

Menurut Idris, meski terlambat mengingat penyebaran covid-19 di pemukiman sudah menjadi klaster baru, kebijakan isolasi ke fasilitas kesehatan harus segera dilakukan. (OL-14)

 

Baca Juga

Antara

Halau Pemudik, Polda Metro Turunkan Personel Tambahan di Bekasi

👤Ant 🕔Selasa 11 Mei 2021, 02:10 WIB
Selain menambah personel, petugas juga mendirikan pos penyekatan baru tidak jauh dari lokasi penyekatan eksis guna menghalau kepadatan...
Antara

Anies: Jangan Halal Bihalal, Baik di Rumah atau Kantor

👤Selamat Saragih dan Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 10 Mei 2021, 20:05 WIB
Anies meminta agar acara kunjungan dilakukan secara virtual sampai dengan akhir bulan Syawal atau sebulan ke depan sejak Hari Raya Idul...
Dok kejagung

Kejagung Gelar Pasar Murah Virtual Khusus Pengemudi Ojol

👤RO/Micom 🕔Senin 10 Mei 2021, 19:11 WIB
Kegiatan ini untuk menunjang gerakan penerintah 'Jangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya