Selasa 25 Agustus 2020, 16:35 WIB

Antisipasi Jumlah Penumpang, MRT Perpendek Headway di Akhir Pekan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Antisipasi Jumlah Penumpang, MRT Perpendek Headway di Akhir Pekan

Antara/Indrianto Eko Suwarso
Penumpang duduk dengan menjaga jarak di dalam kereta MRT di Stasiun MRT Blok M, Jakarta

 

MRT Jakarta melakukan perubahan terkait jarak keberangkatan antarkereta atau headway yang akan efektif diberlakukan mulai Sabtu, 29 Agustus 2020.

Kebijakan ini dilakukan dengan pertimbangan potensi peningkatan jumlah pengguna MRT Jakarta dan sebagai salah satu bentuk upaya peningkatan layanan MRT Jakarta pada akhir pekan dan hari libur.

Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi mengatakan bahwa perubahan jarak keberangkatan antarkereta atau headway ini dilakukan sebagai bentuk upaya peningkatan layanan kereta.

“Karena mempertimbangkan potensi jumlah pengguna MRT Jakarta di akhir pekan yang dapat meningkat, kami lakukan perubahan pola operasi di akhir pekan dan hari libur, yaitu jarak keberangkatan antarkereta menjadi 10 menit sepanjang hari,” ujar Effendi dalam keterangan resminya, Selasa (25/8).

Baca juga: Ada Gage, Jam Operasional MRT Diperpanjang Hingga 22.00 WIB

Sebelumnya, headway MRT Jakarta pada akhir pekan dan hari libur nasional adalah 30 menit. Sementara itu pada hari kerja di jam-jam sibuk, headway kereta MRT Jakarta adalah 5 menit. Lalu headway di hari kerja pada jam reguler adalah 10 menit.

“Untuk jam operasional MRT Jakarta di akhir pekan dan harilibur tidak berubah, tetap pukul 6 pagi sampai pukul 8 malam,” tambahnya.

Sehubungan dengan perubahan headway tersebut, maka terjadi penambahan trainset yang dioperasikan, yaitu dari 4 trainset di akhir pekan lalu, menjadi 7 trainset mulai akhir pekan ini. Alhasil total keseluruhan perjalanan sejumlah 157 trip per hari.

Meskipun demikian, PT MRT Jakarta (Perseroda) tetap mengimbau masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan MRT Jakarta, yakni kewajiban memakai masker, menjaga jarak antarpengguna, rajin mencuci tangan, serta tidak berbicara, baik satu atau dua arah, selama di dalam kereta dan area peron stasiun.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai kebijakan jadwal operasional MRT Jakarta, masyarakat dapat mengaksesnya melalui akun media sosial MRT Jakarta. (OL-14)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Jakut Capai 85%

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 06 Mei 2021, 08:01 WIB
Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Utara mencatat, hingga kini vaksinasi covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia) di wilayahnya sudah...
ANTARA

Hujan Akan Terjadi Di Sebagian Jakarta Siang Ini

👤Widhoroso 🕔Kamis 06 Mei 2021, 06:35 WIB
BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di seluruh wilayah DKI Jakarta berawan pada pagi hari, Kamis...
Antara

Vaksinasi Covid di DKI Jangkau Warga Pemukiman Padat Penduduk

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 05 Mei 2021, 21:27 WIB
KADINKES DKI Jakarta Widyastuti, mengatakan, Pemprov DKI Jakarta melakukan percepatan vaksinasi covid-19 dengan menjangkau pemukiman padat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya