Rabu 05 Agustus 2020, 15:58 WIB

Gaet Wisatawan, Pemerintah Bersihkan Sungai Cisadane Tangerang

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Gaet Wisatawan, Pemerintah Bersihkan Sungai Cisadane Tangerang

Dok. Pribadi
Gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) di Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci), Kota Tangerang, Banten.

 

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuat gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) di Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci), Kota Tangerang, Banten. Sebelum Banksasuci, Kemenparekraf melakukan kegiatan sejenis di Desa Tanjung Burung.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Kurleni Ukar mengatakan, sasaran gerakan BISA adalah pembersihan lingkungan destinasi pariwisata, juga penataan fasilitas umum sehingga menjadi indah, sehat, dan aman, demi meningkatan kualitas dan daya saing Indonesia.

Baca juga: PHRI Minta Badan Promosi Pariwisata Indonesia Diaktifkan Lagi

"Berdasarkan Travel & Tourism Competitiveness Index (TTCI) 2019, Indonesia menempati peringkat ke-102 dalam kategori Health and Hygiene dan peringkat ke-80 dalam kategori Safety and Security dari 140 negara. Sehingga diperlukan komitmen dan sinergi yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan pelaku periwisata di pusat dan daerah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing destinasi pariwisata Indonesia,” kata dia dalam keterangan, Rabu (5/8/2020).

Program tersebut, sambung dia, juga bertujuan untuk mengoptimalkan pelaku usaha parekraf dalam menangani dan meningkatkan kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan masyarakat di sekitar destinasi wisata khususnya untuk menghadapi kondisi new normal.

Ia menambahkan, gerakan BISA merupakan implementasi dari arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan adanya gerakan perlindungan sosial bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. "Caranya melalui semacam gerakan padat karya dan memberikan stimulus bagi para pelaku usaha di sektor parekraf," imbuhnya.

Baca juga: Pulihkan Sektor Pariwisata, Pemerintah Siapkan Enam Strategi

Anggota Komisi X DPR RI Martina yang ikut dalam gerakan BISA, Selasa (4/8/2020) mengaku kagum dengan Banksasuci. Ia pun berharap Banksasuci bisa menginspirasi banyak lembaga, organisasi, atau pegiat lingkungan, agar peduli dengan sampah dan kebersihan Sungai Cisadane.

"Ternyata ini tempatnya indah, bisa menjadi wisata alternatif di tengah-tengah Kota Tangerang. Sungainya bersih, ada kebun sayuran yang hijau, ada flying fox, dan Instagramable,” ujar Martina. (RO/A-3)

Baca Juga

dok.mi

Terbakar Amarah, Istri Habisi Selingkuhan Suaminya Dengan Keji

👤Hilda Julaika 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:45 WIB
NU nekat menghabisi korban lantaran terbakar amarah karena mengetahui pesan whatsapp dari korbaan ke ponsel suaminya yang mempertanyakan...
MI/Ramdani

73,8 Persen Masyarakat Puas dengan Penyelenggaraan Mudik 2022

👤Yakub Pryatama W 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:18 WIB
Kepuasan masyarakat tersebut tergambar dalam hasil survei yang dilakukan sejak tanggal 5 hingga 10 Mei 2022, 73,8% masyarakat Indonesia...
Ilustrasi

Kota Depok Diterjang Angin Puting Beliung, 51 Rumah Rusak

👤Kisar Rajaguguk 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:12 WIB
Di Kecamatan Sawangan, sekitar 49 rumah serta tempat usaha rusak parah. Tembok, genteng dan plafon hancur hingga berjatuhan ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya