Sabtu 01 Agustus 2020, 06:28 WIB

Gage untuk Kurangi Aktivitas Karyawan

Ins/J-1 | Megapolitan
Gage untuk Kurangi Aktivitas Karyawan

Medcom.id/Theofilus Ifan
Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo

 

ATURAN pembatasan lalu lintas kendaraan pribadi dengan ganjil-genap mulai diberlakukan pekan depan oleh Pemprov DKI. Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo meminta perusahaan mengatur jam masuk karyawan sesuai pelat ganjil-genap.

“Kami harapkan perkantoran bisa menyesuaikan. Ada stafnya yang kendaraan bernomor ganjil otomatis mendapatkan kerja di kantor tanggal ganjil dan tanggal genap work from home (WFH),” jelas Syafrin di Balai Kota Jakarta, kemarin.

Adanya imbauan tersebut untuk mengurangi kepadatan lalu lintas selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi di Ibu Kota.

Syafrin menyebut dalam evaluasi pihaknya, ditemukan kepadatan lalu lintas atau macet selama transisi. Hal itulah yang menjadi dasar diterapkannya ganjil-genap. “Prinsipnya itu menjadi instrumen pengendalian pergerakan orang. Dari hasil analisis kami, ternyata volume lalu lintas itu di beberapa titik pemantauan sudah di atas normal,” jelas Syafrin.

Ia mengakui pemberlakuan pembatasan kapasitas 50% karyawan dengan sebagian bekerja di rumah tidak efektif selama PSBB masa transisi.

Buktinya, beberapa jalan di DKI macet. Aktivitas perkantoran menjadi salah satu penyumbang meningkatnya pergerakan warga di tengah pandemi.

“Pemprov DKI saat ini enggak memiliki lagi instrumen pembatasan pergerakan orang. Oleh sebab itu, sekarang yang diaktivasi adalah ganjil-genap. Harapannya, yang WFH enggak melakukan perjalanan tidak penting,” tegas Syafrin.

Namun, apabila warga terpaksa bekerja, ia menjamin kapasitas transportasi umum di Ibu Kota tidak membeludak. (Ins/J-1)

Baca Juga

dok.mi

RSUD Depok Tak Bisa Lagi Tampung Pasien Covid-19

👤Kisar Rajagukguk 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 23:45 WIB
RSUD Kota Depok sudah terisi penuh pasien positif covid-19 dengan gejala berat. Warga diminta disiplin protokol kesehatan dan jangan ...
Ilustrasi

Manfaatkan PPKM, Pengedar Paket Besar Diciduk Polisi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 20:45 WIB
Polres Metro Jakarta Barat berhasil menangkap seorang pemuda berinisial S (22) di kawasan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara dengan...
MI/Susanto

Positivity Rate Covid-19 di  Jakarta Pekan Ini Capai 15,6%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 19:00 WIB
Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 17.212 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 3.109 positif dan 14.103...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya