Rabu 24 Juni 2020, 10:28 WIB

Kasatpol PP Sebut CFD Akan Digelar di Tiap Wilayah

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kasatpol PP Sebut CFD Akan Digelar di Tiap Wilayah

MI/Ramdani
Warga berolahraga di kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

 

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menegaskan car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) ditiadakan hanya berlaku bagi area di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Arifin menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengupayakan agar HBKB tetap dapat dilangsungkan dengan digelar di jalan-jalan utama atau taman di lima wilayah kota.

Menurutnya, HBKB yang digelar hanya terpusat di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin membuat kawasan itu dipadati warga. Warga dari berbagai penjuru DKI yang ingin menikmati ruang terbuka juga harus bepergian cukup jauh dari tempat tinggalnya untuk menuju ke pusat kota.

"Bukan, sementara yang ditiadakan itu untuk yang Thamrin-Sudirman. Tetapi mungkin akan ada semacam tempat alternatif lainlah. Caranya bagaimana supaya memberikan ruang bagi masyarakat di luar Sudirman-Thamrin karena kemarin evaluasinya orang dari jauh-jauh harus ke Thamrim Sudirman. Jadi, satu tempat terpusat untuk semua daerah ke situ. Mungkin akan lebih baik kalau dipolarisasilah gitu," kata Arifin, Rabu (24/6).

Baca juga: CFD Kembali Ditiadakan

Menurutnya, saat ini jajaran pemerintah kota di lima wilayah sudah melakukan pendataan lokasi-lokasi yang potensial untuk dijadikan lokasi HBKB atau ruang terbuka bagi warga.

"Ada juga jalan yang seperti itu ditutup. Ada juga yang cuma menggunakan ruang taman, nggak perlu nutup jalan. Tamannya bisa digunakan. Nanti semua wilayah kota kita carikan tempat-tempat yang bisa kita gunakan sebagai ruang beraktivitas olahraga," paparnya.

Arifin menegaskan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar masa transisi tidak ada aktivitas pedagang dalam kegiatan HBKB ini. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/ HO-Polri

Polisi Periksa Dua Karyawan Grab Toko

👤Antara 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 03:00 WIB
Dalam kasus ini, penyidik telah menetapkan YMP (33) sebagai tersangka. YMP ditangkap di kawasan Kelurahan Selong, Kecamatan Kebayoran Baru,...
Antara

Positivity Rate Kasus Covid Jakarta Menanjak 16,9%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 15 Januari 2021, 21:55 WIB
Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta naik sejumlah 301 kasus, sehingga jumlah kasus aktif sampai hari ini sebanyak 20.800 (orang yang masih...
Antara

DVI Polri Identifikasi 5 Korban Sriwijaya Air SJ 182

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 15 Januari 2021, 21:43 WIB
Mereka ialah, Toni Ismail (59), Dinda Amelia (16), Isti Yuda Prastika (34), Putri Wahyuni (25), dan Rahmawati...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya