Selasa 16 Juni 2020, 07:00 WIB

Jam Kerja Cegah Penumpukan Penumpang

Dede Susianti | Megapolitan
Jam Kerja Cegah Penumpukan Penumpang

ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah) mengantre bersama calon penumpang KRL.

 

GUBERNUR DKI Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan baru terkait jam kerja bagi ASN dan pegawai swasta di Jakarta. Ketentuan ini untuk mencegah kepadatan penumpang di sejumlah stasiun di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

“Jam kerja itu sudah dibuatkan jeda dalam aturan awalnya, minimal dua jam. Sekarang kita sepakati tiga jam. Selisih sif satu dengan sif yang lainnya tiga jam,” ujar Anies seusai meninjau kondisi penumpang di Stasiun Bogor, kemarin.

Pada kesempatan itu, Anies yang didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya juga mengecek sistem antrean penumpang di stasiun, kondisi di dalam kereta, dan memastikan penerapan pembatasan jarak fisik.

“Ini semua dikerjakan bukan semata mata memenuhi peraturan, tapi untuk keselamatan pekerja. Apa pun pengaturan yang dilakukan harap dilakukan karena demi keselamatan,” katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI, Andri Yansyah, menambahkan pihaknya memperlebar jarak jam kerja karyawan dari semula antara sif 1 dengan sif 2 ialah 2 jam menjadi 3 jam. Ketentuan itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Disnaker DKI No 1447 Tahun 2020 yang ditandatangani, kemarin.

“Keputusan ini diambil berdasarkan hasil rapat dengan pemerintah pusat, yakni Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional serta Kementerian Perhubungan.”

Secara terpisah, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mendukung kebijakan Gubernur Anies. Menurutnya, hal itu bisa meminimalisasi penumpukan pegawai di transportasi publik. “Tujuannya supaya orang enggak berangkat ke kantor sama-sama. Itu efektif supaya tidak terjadi penumpukan pada transportasi publik,” tutup Mujiyono. (DD/Put/Ins/J-3)

Baca Juga

Antara

Anies: Jangan Halal Bihalal, Baik di Rumah atau Kantor

👤Selamat Saragih dan Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 10 Mei 2021, 20:05 WIB
Anies meminta agar acara kunjungan dilakukan secara virtual sampai dengan akhir bulan Syawal atau sebulan ke depan sejak Hari Raya Idul...
Dok kejagung

Kejagung Gelar Pasar Murah Virtual Khusus Pengemudi Ojol

👤RO/Micom 🕔Senin 10 Mei 2021, 19:11 WIB
Kegiatan ini untuk menunjang gerakan penerintah 'Jangan...
MI/Ramdani

Mulai H-1 Lebaran, Seluruh Kegiatan Berhenti Pukul 21.00 WIB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 10 Mei 2021, 18:26 WIB
Anies menyerukan agar seluruh aktivitas rekreasi, wisata, rumah makan, restoran, pusat perbelanjaan, bioskop berhenti pukul...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya