Rabu 10 Juni 2020, 12:11 WIB

Perbaikan Infrastruktur di Depok Ditunda

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Perbaikan Infrastruktur di Depok Ditunda

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah pengendara melintasi jalan yang rusak di GDC, Depok, Jawa Barat, Sabtu (11/1/2020)

 

PERBAIKAN sejumlah jalan, jembatan dan drainase rusak di Kota Depok terpaksa dikerjakan tahun depan. Sebab, anggaran untuk infrastruktur tersebut, saat ini dialokasikan untuk percepatan penanganan covid-19 yang melanda Kota Depok.

" Perbaikan sejumlah jalan, jembatan, drainase rusak di Kota Depok ditunda disebabkan adanya bencana nasional pendemi covid-19," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Dadan Rustandi di Markas PUPR, Jalan Raya Bogor, Tapos, Kota Depok, Rabu (10/6).

Total anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas PUPR Rp240 miliar dipotong 30% sebesar Rp72 miliar. Tak hanya anggaran infrastruktur, dana aspirasi DPRD pun dikurangi. DPRD Kota Depok mendapat dana aspirasi Rp100 miliar dipotong 30% sebesar Rp30 miliar.

Menurut Dadan, seharusnya jalan, jembatan, drainase rusak diperbaiki tahun ini. Namun, kondisi pandemi covid-19 yang kini melanda berdampak pada sejumlah rencana perbaikan infrastruktur yang telah direncanakan.

"Semoga pandemi covid-19 bisa segera berakhir. InsyaAllah, pengerjaan perbaikan yang tertunda ini akan dilakukan di tahun 2021," tuturnya.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di Depok Kembali Bertambah

Dadan menuturkan, ada penyesuaian anggaran yang dilakukan pemerintah untuk penanganan covid-19. Sehingga sejumlah kegiatan yang seharusnya dilakukan ditunda terlebih dahulu karena anggaran dialihkan untuk penanganan covid.

"Perbaikan (jalan, jembatan, drainase), kita lakukan penyesuaian ya karena pembiayaan kebanyakan ke cobid-19. Jadi mau enggak mau kita adakan rasionalisasi, penyesuaian," jelas Dadan.

Ia menyebut kegiatan perbaikan khusus jalan sementara ini ditunda. Akan tetapi, pemeliharaan jalan tetap ada. Oleh karena itu, kemungkinan sejumlah jalan yang rusak itu akan ditangani sementara menggunakan anggaran pemeliharaan.

Mantan Kepala Bagian Layanan Pengadaan (BLP) Kota Depok ini berharap masyarakat turut membantu pemerintah memutus rantai penyebaran covid-19 dengan tetap patuh pada protokol kesehatan, terutama wajib mengenakan masker.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Irwansyah

125 Ribu Benih Ikan Disebar untuk Ketahanan Pangan Kota Bekasi

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:09 WIB
Guna mendukung program ketahanan pangan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menyebar sebanyak 125 ribu benih ikan yaitu 100 ribu benih ikan...
Antara

Ibu Kota Negara Pindah, APBD DKI akan Berkurang

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 15 Agustus 2022, 17:14 WIB
Pascapemindahan Ibu Kota Negara, APBD DKI Jakarta akan berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Pada 2022, APBD DKI ditetapkan sebesar...
Antara

Kota Tua Direvitalisasi, Wagub DKI: Banyak PKL Ogah Ditertibkan

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Senin 15 Agustus 2022, 16:14 WIB
Pemprov DKI berharap pedagang kaki lima bisa lebih mengedepankan kepentingan publik. Dalam hal ini, terkait program revitalisasi jalur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya