Kamis 04 Juni 2020, 13:51 WIB

Warga Di RW Zona Merah Akan Terima Bansos Khusus

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Warga Di RW Zona Merah Akan Terima Bansos Khusus

antara
: Warga menutup jalan saat simulasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Lokal di RT 05/04, Petamburan, yang merupakan wilayah zona merah.

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta mengidentifikasi ada 66 RW yang masih berstatus zona merah karena masih memiliki kasus positif covid-19. Pemprov DKI Jakarta pun mengawasi secara ketat dengan beberapa kebijakan pengendalian di lokasi-lokasi tersebut.

"Kegiatan dan pergerakan warga akan diawasi. Wali kota yang akan mengatur sesuai karakteristik masing-masing," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis (4/6).

Anies menegaskan aktivitas ekonomi di wilayah dengan zona merah dibatasi. Untuk membantu warga yang terdampak ekonominya karena pengendalian dan pengawasan ketat di 66 RW ini, Pemprov DKI akan memberikan bantuan sosial khusus.

"Masih ada pekerjaan rumah. Beberapa lokasi yang perlu mendapat perhatian, tempat-tempat ini nantinya kita akan melakukan kegiatan pemantauan pengetesan dan pemberian bansos khusus bagi wilayah yang berada di dalam status pengawasan ketat," tutur Anies.

Namun, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu belum merinci bentuk dan nilai bansos yang akan diterima warga serta waktu pendistribusiannya.

Sebelumnya, selama masa PSBB tahap 1, 2 dan 3, Pemprov DKI juga telah menyalurkan bansos berupa paket sembako. Pada PSBB tahap 1 yang berlangsung pada 9-23 April, bansos diberikan pada 1,2 juta KK yang terdampak covid-19 dengan nilai paket sembako Rp149ribu.

Bansos juga diberikan menjelang akhir PSBB tahap 2 dan awal PSBB tahap 3 yakni pada 10 Mei dengan nilai bansos naik sebesar Rp275ribu.

Sementara itu, Anies hari ini juga memperpanjang status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan sekaligus menetapkannya sebagai masa transisi. Masa transisi ini memiliki empat termin waktu bagi pembukaan sektor-sektor yang sebelumnya dibatasi ketat atau dilarang berkegiatan hingga akhir Juni.

"Evaluasi akan dilakukan di akhir Juni. Tidak menutup kemungkinan selama masa transisi ada pelanggaran atau lonjakan kasus di suatu tempat, kita hentikan total kegiatan di tempat itu dan kita tutup," ungkapnya.(J-1)

Baca Juga

Dok. Labscholl Jakarta

Wagub DKI Jakarta Lepas Lari Lintas Juang SMA Labschool Jakarta Peringati HUT RI ke-77

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 21:30 WIB
Rangkaian Lalinju diawali kegiatan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta dilakukan para siswa khususnya pengurus OSIS...
Antara

Update 17 Agustus: DKI Jakarta Laporkan 2.404 Kasus Covid-19 Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 19:05 WIB
Hari ini, Rabu (17/8) sebanyak 2.404 kasus dari 5.253 kasus covid-19 nasional ditemukan di DKI...
Antara

Pengerjaan MRT Fase 2A Mulai Sasar Pintu Masuk Stasiun Monas

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 18:57 WIB
Pintu masuk Stasiun MRT Jakarta Fase 2A CP201 pertama yang akan dibangun adalah Entrance-1 Stasiun MRT Monas. Adapun pembangunan area...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya