Sabtu 09 Mei 2020, 15:45 WIB

Dukcapil DKI: 23.276 Akta Kelahiran Diurus Secara Daring

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Dukcapil DKI: 23.276 Akta Kelahiran Diurus Secara Daring

AFP/Lillian SUWANRUMPHA
Dua bayi diberikan pelindung wajah di sebuah rumah sakit di Bangkok, Thailand.

 

SELAMA Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, warga bisa mengurus akta kelahiran secara daring. Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta, Dhanny Sukma, warga dapat mengakses lewat aplikasi bernama Akses Langsung Pelayanan Dokumen Cepat dan Akurat atau Alpukat Betawi untuk menginput data bayi mereka.

"Sudah 23.276 akta kelahiran yang terdaftar secara daring selama PSBB," ujar Dhanny kepada Media Indonesia, Jakarta, Sabtu (9/5).

Baca juga: Zona Merah Korona di Kabupaten Bogor Bertambah lagi

Mengurus akta kelahiran secara daring itu dimaksudkan untuk mengurangi interaksi warga ditengah PSBB saat ini. Dhanny juga menerangkan, warga yang baru melahirkan bayi bisa meminta bantuan kepada petugas fasilitas kesehatan (faskes) tersebut untuk mengisi data-data akta kelahiran.

Setelah diverifikasi dan dicetak, petugas Dukcapil setempat langsung mengantar ke faskes atau rumah sakit. Data yang sudah dicetak itu diserahkan ke pasien di faskes tersebut sebelum pasien kembali ke rumah.

"Tidak lama prosesnya. Kalau syaratnya lengkap sejak data diinput, kurang satu jam bisa kita selesaikan aktanya," terang Dhanny.

Selain itu, Dhanny mengatakan warga bisa langsung datang ke 141 rumah sakit atau faskes pusat, daerah, puskesmas, swasta, klinik dan praktek mandiri bidan yg telah bekerjasama dengan Dukcapil terkait penerbitan akta kelahiran.

Setelah mengurus tersebut, warga mendapatkan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk bayi mereka, lalu bayi yang dilaporkan kelahirannya terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK). (OL-6)
 

Baca Juga

dok.ant

BPBD DKI Ingatkan Hujan dan Petir di Jakbar, Jaksel dan Jakbar

👤Muhamad Fauzi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 07:07 WIB
BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan disertai petir dan angin kencang di tiga wilayah pada Rabu siang hingga...
DOK Pribadi.

Rano Karno Komitmen Kembangkan Kampung Wisata dan Sanggar Kesenian

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:21 WIB
Konsep kafe terbuka dengan nuansa perkebunan, yang berada di tengah pemukiman penduduk, itu menjadi daya tarik...
Dok. Pribadi

Pemkot Tangsel Diminta Lebih Peduli Memajukan Olahraga 

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:06 WIB
"Kami berharap pemerintahan kota atau Pemkot Tangsel dapat menggandeng pihak swasta dalam hal pembinaan dan apresiasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya