Kamis 20 Februari 2020, 16:01 WIB

Infrastruktur Buruk Karena Banting Harga Saat Lelang

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Infrastruktur Buruk Karena Banting Harga Saat Lelang

MI/Bary
Banyak jalan yang rusak di Depok karena kualitasnya kurang baik

 

Sekretaris Daerah Kota Depok Hardiono mengatakan kualitas sejumlah ruas jalan di Kota Depok memang kurang maksimal. "Penyebabnya karena banting harga saat lelang," ujar Hardiono kepada Media Indonesia, Kamis (20/2) menanggapi banyaknya ruas jalan yang cepat rusak.

Untuk diketahui, banyak kontraktor yang banting harga saat lelang. Satu proyek ditawar 25 persen dari harga pagu proyek. Akibatnya proyek yang dikerjakan oleh pihak ketiga kualitasnya kurang maksimal. Belum sebulan sudah rusak.

Untuk mencegah menurunnya kualitas jalan, Pemerintah Kota Depok harus membuat payung aturan implementasi Kepres Nomor: 80/2003 tentang pengadaan barang dan jasa sesuai dengan kondisi daerah setempat.

Baca juga: Pengawasan Kinerja Kontraktor di Depok harus Transparan

Menurut Hardiono, pelaksana proyek harus mempertimbangkan sejumlah hal, yaitu kualitas proyek, fungsi dan umur bangunan, harga penawaran yang kompetitif, dan tata waktu yang sudah ditetapkan. Jika semua ketentuan ditaati, Hardiono yakin proyek infrastruktur tidak cepat rusak.

Banyak ruas jalan di Kota Depok yang kini kondisinya memprihatinkan dan hingga kini belum diperbaiki.

Menurut Hardiono, APBD Kota Depok hanya mengalokasikan Rp280 miliar untuk perbaikan jalan. "Padahal untuk perbaikan menyeluruh diperlukan paling tidak butuh Rp900 miliar," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok Dadan Rustandi berjanji segera memperbaiki sejumlah jalan raya kota dan jalan lingkungan. "Kita segerakan. Rusaknya jalan bukan hanya menambah kemacetan lalu lintas, tapi juga membahayakan penggunanya," kata Dadang saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (20/2).

Dia menegaskan yang akan diperbaiki adalah turap dan drainase. "Saya sudah perintahkan semua anak buah untuk segera memperbaiki. Mudah-mudahan Maret ini sudah beres," lanjutnya. (OL-14)

 

Baca Juga

Dok. Gerai Lengkong

Mimpi Gerai Lengkong Tangsel Majukan UMKM Beromzet Miliaran

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:39 WIB
Ia juga meminta para pengelola UMKM membuka diri, untuk bisa melatih dan memperbaiki...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bertambah, Dana Boeing yang Diselewengkan Rp107,3 M

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:49 WIB
Dikatakan sebelumnya, jumlah total penyelewengan dana oleh ACT berjumlah Rp68 miliar, saat ini bertambah menjadi Rp107, 3...
MI

Manajer BCL Ditangkap Terkait Psikotropika, Keluarga Ajukan Rehabilitasi

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:38 WIB
"Benar, hari Jumat sekira pukul 14.00 WIB pihak keluarga mendatangi Polres Metro Jakarta Barat untuk mengajukan proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya