Sabtu 15 Februari 2020, 15:00 WIB

Pengaspalan Jalan Formula E di Monas Dilakukan Bulan Depan

Ilham Ananditya | Megapolitan
Pengaspalan Jalan Formula E di Monas Dilakukan Bulan Depan

AFP/David Dee Delgado
Ajang balap Formula siap digelar di Jakarta tahun depan.

 

PAGELARAN Jakarta E-Prix 2020 Formula-E (Electric) pada 6 Juni 2020 ini merupakan tema besar yang digaungkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dengan julukan "Jakarta City of Collaboration". Persiapannya hingga kini masih belum rampung dan akan dipercepat oleh JakPro sebagai host

"Untuk konstruksi saat ini sedang dalam pembangunan barier-nya dengan pagarnya. Kalau untuk pengaspalannya diperkirakan bulan Maret dan selesai antara pertengahan atau akhir April." tutur Dwi Wahyu Daryoto, Chairman of Organising Committee Formula E Jakarta, Dirut JakPro, Sabtu (15/2).

Baca juga: Tim Ahli Cagar Budaya Nasional Tolak Formula E di Monas

Saat dikonfirmasi Media Indonesia, Sadikin Aksa, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), bahwa pengaspalan harus sudah selesai paling lambat satu bulan sebelum ajang balapan itu dimulai. 

"Agar dilalui kendaraan umum dulu sehingga semakin lengket aspalnya dan bisa dilakukan pengecekan tanahnya rata atau tidak agar tidak bumpy terhadap mobil balap tersebut. Kami juga sudah berdiskusi dengan pihak kontraktor untuk menantang selesai dalam dua bulan dan ada yang berada di bulan puasa." tandasnya.

Dirinya mengaku sudah berdiskusi dengan kontraktor dan pihak yang mengerjakan Monas bahwa di bawah cable stone setelah dilakukan pengecekan diketahui bukan daerah resapan melainkan aspal. 

"Komisi Pengarah merekomendasikan di kawasan medan merdeka, kawasan itu di dalamnya Monas. Yang menjadi cagar budayanya itu Monas dan kawasannya itu (tanahnya). Jadi seperti SPBG itu bukan cagar budaya. Di dalamnya dikatakan, silakan menggunakan dengan memperhatikan UU Nomor 11 Tahun 2010. Tidak ada yang melanggar," tambah Dwi. (OL-6)

Baca Juga

MI/SASKIA ANINDYA PUTRI

Formula E Terkesan Dipaksakan, PSI Ungkap 3 Kejanggalan

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 28 Januari 2021, 03:35 WIB
Jakpro (perusahaan) yang terikat kewajiban finansial karena Jakpro yang tandatangan kontrak tapi kok rakyat yang disuruh bayar menggunakan...
Antara/Aprilio Akbar

Polisi Bekuk 2 Pelaku Begal Sepeda di Jakarta Barat

👤Rahmarul Fajri 🕔Rabu 27 Januari 2021, 23:54 WIB
Kedua pelaku berinisial AS dan TT ditangkap di Kresek, Tangerang Kabupaten, Banten pada Rabu (27/1)...
Antara

Flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung Diuji Coba Pekan Ini

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 27 Januari 2021, 21:00 WIB
Hari menambahkan, selama uji coba masyarakat bisa menggunakan kedua flyover...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya