Kamis 02 Januari 2020, 14:18 WIB

Ibu Hamil di Pengungsian Butuh Susu dan Daster

Tri Subarkah | Megapolitan
Ibu Hamil di Pengungsian Butuh Susu dan Daster

Antara
Pengungsi korban banjir Jakarta

 

SEBANYAK 926 orang mengungsi di Masjid Universitas Borobudur, Cipinang Melayu, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur. Diantara ratusan pengungsi tersebut delapan diantaranya merupakan ibu hamil.

Salah satu ibu hamil yang mengungsi di sana adalah Yenny, 39. Perempuan yang sedang mengandung anak pertama itu dievakuasi sekitar Rabu (1/1) pukul 09.00 pagi dengan perahu karet.

Yenny yang usia kandungan memasuki tiga bulan mengaku sudah diperiksa kesehatannya. "Alhamdulillah normal, asal dijaga aja katanya," ungkapnya kepada Media Indonesia saat ditemui di lokasi, Kamis (2/1).

Yenny menyebut yang dibutuhkannya saat ini adalah susu khusus ibu hamil. Sayangnya, kata Yenny, di posko kesehatan susu tersebut belum tersedia. Untuk sementara, ia menganti susu ibu hamil dengan biskuit.

"Iya katanya mau disedian Insya Allah. Gantinya biskuit doang, biskuit ibu hamil ada," kata Yenny.

Seperti halnya Yenny, Annisa, 23, juga sedang menanti anak pertamanya. Namun, usia kandungannya saat ini sudah memasuki bulan kesembilan. "Rencanaya tanggal 8 (Januari) ngelahirin," ungkapnya.

Tidak ada barang yang dapat ia bawa saat hendak menyelamatkan diri. Bahkan, ia harus merelakan baju-baju bayi yang sudah disiapkan untuk anak pertamanya. Sebelum sampai di pengungsian, Annisa mengaku harus menaiki genteng rumah tetangganya dan berenang untuk menaiki perahu karet.

"Saya naik genteng orang, karena perahu nggak bisa masuk. Terus saya nyebur, berenang sedikit terus saya naik ke atas perahu," kata Annisa.

Untungnya setelah diperiksa, kandungan Annisa dinyatakan normal. Namun, sampai hari ini ia mengaku belum mengonsumsi obat-obatan yang biasa diminumnya seperti kalsium, vitamin B1, vitamin C, dan penambah darah. 

Selain itu, ia juga mengaku masih mengenakan baju yang sama ketika dievakuasi. Meskipun di pengungsian tersedia bantuan layak pakai, namun ia belum menemukan daster.

"Baju ada banyak, tapi buat orang hamil nyari daster nggak ada. Paling atasan-atasa sama celana," ujarnya. (OL-11i)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Lagi, Satpol PP DKI Tindak 4 Kafe Beroperasi Hingga Dini Hari

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 11:36 WIB
Keempat kafe yang dijatuhi sanksi penutupan sementara 3x24 jam yakni sebuah kafe di Jl Wahid Hasyim, satu kafe di Jl Pramuka, satu...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Korban Banjir Menuntut, DKI Akui Sudah Beri Perhatian Besar

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 09:58 WIB
Terkait penanggulangan banjir, Pemprov DKI telah mengalokasikan anggaran kurang lebih mencapai 20% dari belanja...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

323 Pegawai Satpol PP Depok Divaksin Covid-19

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 08:40 WIB
Lienda meminta jajaran Satpol PP tingkat kota, kecamatan dan kelurahan untuk mematuhi protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya