Rabu 01 Januari 2020, 10:52 WIB

Sejumlah Ruas Tol Tergenang Air

Gana Buana | Megapolitan
Sejumlah Ruas Tol Tergenang Air

Dok. Jasa Marga
Ruas Tol tergenang banjir

 

SEJUMLAH titik di ruas jalan tol tergenang air. Hal ini terjadi lantaran curah hujan tak kunjung berhenti sejak Selasa (31/12) sore. 

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, menyampaikan pihaknya saat ini tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Titik-titik tersebut saat ini tergenang setinggi 5-10 sentimeter .

“Tiap titik tergenang air di sebagian lajur, yaitu Lajur 1 dan Lajur 2,” ungkap Heru dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (1/1).

Heru menjelaskan, adapun beberapa titik yang tergenang adalah Kilometer (Km) 27 sampai dengan Km 26, Km 24, Km 21, Km 19 serta Km 17. Penguna jalan masih dapat mengakses jalan tol dengan me ngambil Lajur 3 dan Lajur 4 dengan berhati-hati di beberapa titik tersebut.

Baca juga: Ini Debit di Sejumlah Pintu Air Jakarta

Sementara itu, pengguna jalan dari arah Bekasi menuju Cawang dialihkan ke Jalan Tol JORR. Hal ini dilakukan untuk menghindari wilayah Jatibening Km 9.

“Tinggi airnya mencapai 10-15 sentimeter dan hanya bisa dilintasi di Lajur 4 untuk kendaraan kecil,” jelas dia. 

Selain itu, lanjut dia, ada beberapa Gerbang Tol (GT) yang saat ini ditutup sementara. Sebab, di gerbang tersebut terjadi genangan air. Beberapa di antaranya adalah GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta tutup mulai jam 07.30 WIB, GT Cibitung 1 dab 2 tutup mulai jam 06.00 WIB, GT Tambun tutup mulai jam 06.00 WIB dan GT Cikarang Timur arah Jakarta tutup mulai jam 07.40 WIB

“Jasa Marga juga meminta pengguna jalan untuk mengantisipasi luapan danau Grand Wisata yang saat ini telah masuk ke lajur akses masuk Tambun,” ungkapnya.

Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan, petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air. Hal ini agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air.

Untuk memastikan genangan air surut dengan cepat dan kondisi kembali seperti semula, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek juga menurunkan 2 unit pompa diesel moveable, 1 unit pompa submersible dan 4 unit pompa portable.

“Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini,” pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

dok.ant

BPBD DKI Ingatkan Hujan dan Petir di Jakbar, Jaksel dan Jakbar

👤Muhamad Fauzi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 07:07 WIB
BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan disertai petir dan angin kencang di tiga wilayah pada Rabu siang hingga...
DOK Pribadi.

Rano Karno Komitmen Kembangkan Kampung Wisata dan Sanggar Kesenian

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:21 WIB
Konsep kafe terbuka dengan nuansa perkebunan, yang berada di tengah pemukiman penduduk, itu menjadi daya tarik...
Dok. Pribadi

Pemkot Tangsel Diminta Lebih Peduli Memajukan Olahraga 

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:06 WIB
"Kami berharap pemerintahan kota atau Pemkot Tangsel dapat menggandeng pihak swasta dalam hal pembinaan dan apresiasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya