Senin 30 September 2019, 04:30 WIB

Kualitas Udara Jakarta Nomor 10 Terburuk di Dunia

Kualitas Udara Jakarta Nomor 10 Terburuk di Dunia

ANTARA
Kualitas Udara Jakarta Nomor 10 Terburuk di Dunia

 

BERDASARKAN data Air Visual, US air quality index (AQI) atau indeks kualitas udara di Jakarta tercatat di angka 141 PM2.5 konsentrasi 52 µg/m³ pada pukul 15.22 WIB.

Menurut data tersebut, di antara 91 kota besar di seluruh dunia, Jakarta menempati urutan 10 sebagai kota berkualitas udara buruk.

Di tempat pertama dengan kota paling buruk kualitas udaranya saat ini ialah Kuwait dengan mencatat angka sebesar 171. Lalu diikuti Kota Chengdu, Tiongkok, dengan angka 164. Di tempat ketiga ada Shenyang, Tiongkok, ­dengan kualitas udara terburuk di angka 161.

Kota lainnya yang tercatat memiliki kualitas udara terburuk ialah Lima, Peru. Lalu ada Tashkent, Uzbekistan, kemudian ada Shenzen, ­Tiongkok, lalu Hong Kong, dan peringkat kesembilan ada Hanoi, Vietnam.

Selain Air Visual, Media Indonesia juga menggunakan aplikasi Airlief, yang mencatat kualitas udara di Jakarta di angka 124 atau unsatisfactory. Pun dengan aplikasi lain seperti BreezoMeter Air, yang menyebut kualitas udara Jakarta di angka paling rendah yakni 17 dari 100 poin.

Sebelumnya data Air Visual mencatat Jakarta menempati posisi pertama sebagai kota yang memiliki kualitas udara terburuk di dunia, Kamis (5/9).
Dengan peringkat ke-10 ini, menurut Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, hal itu sejalan dengan hasil evaluasi atas penerapan kebijakan perluasan ganjil-genap (gage) pada minggu kedua bahwa angka kemacetan berkurang dan terjadi percepatan laju kendaraan di jalan gage. Dengan berkurangnya kemacetan, polusi kendaraan bermotor juga berkurang. 

“Data Airnav sejalan dengan upaya Pemprov DKI meningkatkan kualitas udara dengan berbagai cara,” tandasnya. (Ins/J-3)

Baca Juga

MI/Ramdani

Banjir Bandang di Cisarua, Bendung Katulampa Terpantau Aman

👤Sri Yanti Nainggolan 🕔Rabu 20 Januari 2021, 03:15 WIB
"Kalau dari informasi TMA masih aman," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBD DKI Jakarta Mohamad...
Antara/Muhamamd Iqbal

Ada Rencana Mogok Pedagang, Pemkot Jakbar Cek Stok Daging Sapi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 02:30 WIB
Pada Selasa, Sudin KPKP telah menerima informasi adanya rencana mogok massal pedagang daging sapi yang akan diikuti seluruh pedagang di...
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Diungkap Peredaran Kosmetika Ilegal di Wilayah Jakarta Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 00:05 WIB
Produk kecantikan ilegal ini diproduksi oleh tersangka dan dijual di Klinik Kecantikan IVA Skin Care, Jalan Pluit Kencana Raya Penjaringan,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya