Selasa 06 Agustus 2019, 10:31 WIB

Polisi Amankan Pria Pemeras Pedagang Mengaku Anggota Satpol PP

M. Iqbal Al Machmudi | Megapolitan
Polisi Amankan Pria Pemeras Pedagang Mengaku Anggota Satpol PP

Antara/Muhammad Adimaja
Pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

 

Seorang pria diamankan aparat kepolisian karena kerap meresahkan pedagang di kawasan, Gambir, Jakarta Pusat. Pria tersebut berinisial BS, 57, kerap meminta uang secara paksa kepada pedagang.

Pelaku BS melakukan pemerasan dengan cara mengaku sebagai anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Dengan menggunakan seragam Satpol PP untuk berlaga di depan pedagang dan para korban pun langsung memberikan yang diinginkan pelaku.

"Dia (BS) mengaku anggota Linmas dan Satpol PP minta-minta uang ke warga," kata Kapolsek Metro Gambir, AKBP Johanes Kindangen saat dikonfirmasi, Selasa (6/8).

Pelaku BS diketahui merupakan seorang mantan pekerja honorer di Kecamatam Gambir. Pelaku selalu membawa seragam Satpol PP yang disimpan di dalam jok motornya. Seragam yang menjadi senjata saat memeras pedagang turut diamankan oleh pihak kepolisian.

"Beberapa anggota Satpol PP menegaskan dia bukan anggotanya. Saat diperiksa ada pula semacam buku kas untuk mencatat pemberian warga," ujar Johanes.

Pemerasan terhadap pedagang terakhir dilakukan BS pada Senin (5/8) malam hari di Jalan Sangaji, Gambir, Jakarta Pusat. BS meminta uang dengan alasan dalam rangka kegiatan 17 Agustus 2019 mendatang.

Padahal, kenyataannya uang dipakai untuk keperluan pribadinya sehari-hari. Uang yang ditarik dari para pedagang sendiri berbeda-beda nominalnya.

"Seikhlasnya (jumlah uang yang dikasih ke BS) ," kata Johanes. (OL-09)

Baca Juga

Antara/Aditya Pradana

Mogok Jualan, tidak Ada Pedagang Daging di 5 Pasar Jaktim

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 16:12 WIB
Aksi mogok pedagang dipicu kenaikan harga daging sapi yang mencapai Rp140-150 ribu per kg. Jika harga masih melambung tinggi, pedagang akan...
ANTARA FOTO/Fauzan

Soal PPKM atau PSBB, DKI: Tidak ada bedanya, itu kan istilah

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 20 Januari 2021, 13:59 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan baik PSBB maupun PPKM memiliki substansi yang sama. Sehingga tak perlu dirisaukan...
MI/ARYA MANGGALA

Penutupan Sementara Gedung DPRD DKI Diperpanjang

👤Yanti Nainggolan 🕔Rabu 20 Januari 2021, 12:15 WIB
Penutupan tersebut diperpanjang juga menyesuaikan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di seluruh Provinsi Jawa dan Bali hingga 25...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya