Kamis 01 Agustus 2019, 13:55 WIB

Pemprov DKI Jakarta Sedang Uji Coba Bus Listrik

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pemprov DKI Jakarta Sedang Uji Coba Bus Listrik

Antara/Aprillio Akbar
Tiga bus listrik melintas saat diuji coba di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (29/4).

 

Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengungkapkan pihaknya saat ini sedang melakukan uji coba operasi bus listrik. Uji coba dilakukan oleh PT Transjakarta melalui adanya tiga unit bus listrik yang berasal dari Tiongkok.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menanggapi komentar Presiden Joko Widodo yang ingin agar Jakarta mengembangkan kendaraan listrik untuk mengurangi pencemaran udara.

"Ya terkait kendaraan listrik kami sedang upayakan untuk dikembangkan di Jakarta dengan kondisi polusi yang tinggi. Untuk itu kami sedang uji coba, ada tiga unit diuji coba oleh Transjakarta," kata Syafrin saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (1/8).

Syafrin menyebut mengoperasikan kendaraan listrik memerlukan persiapan khusus terlebih untuk Jakarta yang memiliki kemacetan sangat parah.

Ia menegaskan dari sisi teknis harus dipersiapkan sangat matang sesuai dengan kondisi Jakarta sehingga tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga harus bisa melayani masyarakat dengan maksimal.

"Jangan sampai Jakarta malah jadi parkiran bus karena di tengah jalan dayanya habis. Jadi itu yang diinginkan oleh Pak Gubernur, jangan sampai layanan terganggu," ujarnya.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dengan baik yakni pembangunan infrastruktur seperti titik-titik pengisian daya listrik yang harus mampu dijangkau, tidak terlalu jauh sehingga tidak ada kemungkinan bus mengalami kehabisan daya di tengah perjalanan.

Lamanya daya tahan tenaga listrik pun harus dipertimbangkan agar bisa memenuhi target layanan bus dalam satu hari.

"Berapa lama masa waktu pengisian dayanya, lalu apakah bisa satu hari itu menempuh jarak 200 km dan berapa jam dia tahan, itu semua harus diperhitungkan," ungkapnya.

Sebelumnya Transjakarta menguji coba tiga unit bus listrik terdiri dari dua unit dari merek asal Tiongkok, BYD, yang didistribusikan oleh PT Bakrie Autoparts dan satu unit dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB) buatan lokal.

Kedua perusahaan tersebut bersedia melakukan uji coba bus listrik yang ditawarkan Transjakarta. Jika spesifikasi sudah memenuhi standar yang diterapkan Transjakarta serta telah memiliki sertifikat uji tipe dari Kementerian Perhubungan, Transjakarta akan menawarkan kepada operator untuk melakukan pembelian bus guna dioperasikan di rute yang sudah ditentukan.(OL-09)

Baca Juga

Medcom/Cindy Ang

Penumpang KRL Naik 10%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:36 WIB
Pada September tercatat rata-rata volume harian sebanyak 673.915...
ANTARA

Perubaham Sistem Tiket Bikin Penumpang TransJakarta Antre Panjang

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:19 WIB
Sistem ini menerapkan satu tiket uang elektronik yang hanya berlaku satu orang layaknya yang diterapkan terlebih dulu oleh PT KAI Commuter...
Antara

Kapolda Metro Ingatkan Standar Pengamanan pada P20

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:06 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran meminta anggotanya untuk berkaca pada tragedi Kanjuruhan Malang dalam mengamankan Parliamentary...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya